Materi Lokalita >> KALIMANTAN TENGAH >> KABUPATEN BARITO TIMUR

PERSIAPAN LAHAN DAN BIBIT MEMASUKI MUSIM TANAM ASEP 2018 DI WKPP MALINTUT KECAMATAN RAREN BATUAH BARTIM KALTENG

Sumber Gambar: KEGIATAN PERSIAPAN BENIH DI WKPP MALINTUT KECAMATAN RAREN BATUAH BARTIM KALTENG

Setelah melaksanakan kegiatan panen musim tanam OKMAR 2018 ini, tibalah saatnya beberapa kelompok tani mempersiapkan lahan dan bibit untuk mulai memasuki musim tanam ASEP 2018 , termasuk salah satunya adalah beberapa kelompok tani di desa malintut Kecamatan Raren Batuah Kabupaten Barito Timur KALTENG.

Ada bibit padi yang ketika ditanam tapi produktivitas panennya jauh dari harapan, ada juga yang mudah terserang hama.

Maka dari itu disarankan untuk petani membuat bibit padi sendiri.

Petani bisa mendapatkan bibit unggul dari hasil panen sebelumnya. Jadi jika produktivitas lahan sawah tinggi, disarankan untuk menyisihkan 25 Kg (untuk 1 hektar sesuai anjuran pemerintah) gabah untuk dijadikan bibit di musim tanam selanjutnya.

Selain produktivitas yang tinggi, hal lain yang perlu diperhatikan untuk menjadikan gabah menjadi bibit unggul adalah pastikan tanaman sebelumnya sehat dan tidak terserang hama penyakit.

Dengan membuat bibit padi sendiri, petani bisa menghemat biaya produksi. Sekarang ini harga gabah kering panen di tingkat petani sekitar Rp 4.500/Kg, sedangkan harga bibit padi sekitar Rp 12.000-15.000/Kg.

Sekitar 60-65% peningkatan produktivitas usaha tani ditentukan oleh bibit yang unggul, maka dari itu memperhatikan kondisi bibit sangat penting dalam budi daya.

Ada tiga tahap yang dilakukan untuk membuat bibit padi sendiri, yaitu tahap pascapanen, persiapan bibit dan penyemaian bibit menjadi benih. Semoga dengan membuat benih sendiri seperti ini petani di kabupaten Barito Timur KALTENG bisa memperoleh keuntungan yang lebih baik serta menekan biaya produksi

PENULIS

LUKMANUL CHAKIM / PP. MUDA BARTIM KALTENG

KONTRIBUTOR FOTO

YULIANUS, SST / PP PERTAMA BPP RAREN BATUAH BARTIM KALTENG

Lampiran :

Tanggal Artikel : 16-04-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait