Materi Lokalita >> KALIMANTAN SELATAN >> KABUPATEN TABALONG

HAMA YANG SELALU MENGINTAI PADI : Q DAN A HAMA WERENG BAGIAN I

Sumber Gambar: dari berbagai sumber pada browser google (diakses 2018)

Rabu, 14 Maret 2018

(Question) : Apakah itu wereng? Bagaimana deskripsinya?
(Answer) : Wereng adalah hama yang biasa menyerang tanaman padi, wereng menyerang pada berbagai fase kehidupan tanaman padi. Fase kehidupan tanaman padi berdasarkan umurnya terbagi menjadi tiga fase; fase vegetatif yakni 0-60 hari, fase generatif (60-90 hari) dan fase pemasakan 90-120 hari (http://bbpadi.litbang.pertanian.go.id/index.php/tahukah-anda/358-tiga-fase-pertumbuhan-padi diakses 26 Febuari 2018).
Di Indonesia, populasi wereng sering ditemukan dalam jumlah yang tinggi, sehingga mengakibatkan keringnya tanaman padi atau disebut hoppperburn (Baehaki dan Widiarta, 2009). Pada tanaman padi terdapat empat jenis wereng, yaitu wereng coklat (Nilapavarta lugens Stal.), wereng punggung putih (Sogatella furcifera Horv.), wereng hijau (Nephotettix virescens Distant), dan wereng loreng (Recilia dorsalis). Dua jenis wereng yang disebut awal disebut wereng batang (plant hopper) sedangkan dua jenis wereng yang terakhir disebut wereng daun (leaf hopper) (Suwarno, dkk., 2013 dalam Kesek, Magdalena M. ; Janjte Pelealu; Noni N. Wanta; Juliet M. E. Mamahit; ----).
Salah satu wereng yang paling banyak dijumpai dilapangan yakni wereng hijau dan wereng cokelat. Wereng cokelat sendiri di lapangan terdiri atas beberapa populasi, ditandai oleh ragam warna tubuh, ada yang hitam, cokelat, merah, dan kombinasi dari warna tersebut (Baehaki SE. dan I Made Jana Mejaya, 2014).
Masyarakat tabalong mengenali penampakan wereng sebagai serangga kecil yang mereka sebut mirip dengan rangit atau serangga kecil, yang seringkali keberadaannya dapat diidentifikasi jika rumpun-rumpun tanaman padi disibak, maka akan banyak muncul hama yang beterbangan berhamburan.
Wereng sangat berbahaya karena merupakan hama yang sangat mudah menyebar. Wereng cokelat salah satunya yang sangat berbahaya, ia merupakan hama yang bersifat kosmopolit, menyerang pertanaman padi di berbagai negara di Asia. Wereng cokelat bergerak dari daerah satu ke daerah lainnya dan dari negara satu ke negara lainnya. Hal ini disebabkan karena wereng cokelat dapat migrasi sampai 200 km, bahkan dapat lebih jauh lagi dari daratan China dan Vietnam Selatan bermigrasi ke Jepang dan Korea (Watanabe at al. 2009 dalam Baehaki SE. dan I Made Jana Mejaya, 2014).

Dihimpun dari berbagai sumber oleh : Eka Rismawina, SP (Admin cyber extention Kabupaten Tabalong dan Penyuluh Pertanian Pertama pada Balai Penyuluhan Pertanian Kelua)

Materi penyuluhan ini juga disampaikan pada siaran Radio Suara Tabalong gelombang 95,4 FM dengan topik Hama Wereng di Musim tanam padi 2017-2018, hari Senin tanggal 05 Maret 2018

Materi ini bersambung ke HAMA YANG SELALU MENGINTAI PADI : Q DAN A HAMA WERENG BAGIAN II.

Tanggal Artikel : 14-03-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait