Materi Lokalita >> JAWA TIMUR >> KABUPATEN MAGETAN

PEMBUATAN PAKAN KOMPLIT UNTUK TERNAK SAPI

Sumber Gambar: Trisni Setiyaningrum,S.Pt/BPP Kec. Magetan

Pakan komplit merupakan pakan lengkap gizi yang dibuat dari campuran pakan kasar dan konsentrat dengan perbandingan tertentu, dalam bentuk seragam dan kering, untuk diberikan sebagai satu-satunya pakan yang dapat mencukupi kebutuhan hidup pokok, produksi dan reproduksi tanpa tambahan pakan lain.
Complete feed atau pakan komplit merupakan pakan ternak yang lengkap yang bisa melengkapi dan memenuhi nutrisi dan gizi yang dibutuhkan ternak selama satu hari(24 jam). Pakan lengkap ini adalah kombinasi, campuran, gabungan dari pakan hijauan, kosentrat yang berprotein tinggi, pakan yang berserat, dan pakan suplemen.
Agar pakan lengkap ini berkualitas untuk ternak, diperlukan pengolahan yaitu dengan Teknologi pembuatan pakan komplit yang disebut dengan fermentasi yang menggunakan probiotik.

Manfaat Complete Feed Untuk Sapi Potong
1. Pakan siap pakai yang memiliki kandungan nutrisi lengkap.
2. Dengan complete feed peternak tidak lagi tergantung terhadap hijauan.
3. Dapat memberikan penambahan bobot badan optimal.
4. Peternak tidak lagi membutuhkan lahan yang luas untuk HMT.
Menekan biaya pakan dalam usaha peternakan sehingga akan menambah pendapatan peternak lebih maksimal (Ramadani, 2010).

Keunggulan menggunakan pakan komplit.
• Peternak tidak harus lagi membanting tulang untuk mencari rumput (ngarit) setiap hari, sebab dengan fermentasi, pakan komplit dapat bertahan dan simpan lama sebagai cadangan pakan pada saat musim kemarau.
• Kita tidak perlu lagi memperkajakan banyak tenaga kerja, hanya dengan satu orang, mampu memelihara kambing atau domba lebih kurang sekitar 200 ekor, begitu juga dengan sapi yang dapat dipelihara oleh 1 orang dengan jumlah 20 ekor
• Tentunnya kualitas pakan ternak terjamin dengan nutrisi yang lengkap sesuai dengan kebutuhan ternak.
Bahan Pakan Dan Peralatan Yang Diperlukan:
• Bahan pakan berserat contohnya: rumput hijauan, jerami jagung, jerami jagung, klabot jagung, janggel jagung, kulit singkong, kulit kacang, brangksan kacang hijau.
• Pakan Kosentrat: bahan pakan yang bermutu tinggi atau berproten tinggi. Baik dari satu bahan pakan atau lebih. Contonya adalah Dedak padi, bekatul, ampas tahu, pollard atau dedak gandum, dedak jagung, bunkil sawit, dll atau pun pakan kosentrat yang dijual dipasaran.
• Bahan suplemen: garam dapur, molasses atau tetes tebu, urea, dan probiotik yang sering kita temui di pasaran contohnya : starbio, probion, EM4, ragi tape jerami, SOC HCS, Probiotik Tangguh Nasa, Biofad, Probion, dll.
• Peralatan: Alat atau mesin pencacah/chopper, bak penampung sebagai tempat fermentasi, missal, silo, kantong plastic kedap udara, dlll. Terpal, gayung, kayu atau bamboo, sekop sebagai pengaduk.
Proses Pembuatan Pakan Komplit
• Bahan pakan sumber serat dicacah dengan chopper/mesin pencacah, kemudian diletakkan diatas terpal, hasil cacahan yang kecil akan semakin baik, karena saat pencampuran akan homogen (mudah tercampur dengan merata).
• Di atas cacahan pakan serat, ditambahkan konsentrat sebagai protein tinggi.
• Tambahkan garam dapur dalam air secukupnya, tambahkan urea dengan air secukupnya. Setelah garam dapur dan urea telah larut. Kemudian baru ditambahkan molasses atau tetes tebu dan probiotik. Jika diperlukan agar dapat menambahkan air seperlunya.
• Semprotkan/percikan larutan garam dapur, urea, tetes tebu, dan probitiok di atas hamparan bahan pakan berserat. Kemudian diaduk-aduk rata dan bila diperlukan menambahkan air kembali, sehingga kandungan air mencapai 60%. Takarannya jika dipegang/dikepal bahan pakan basah di tangan, tapi air tidak menetes.
• Kemudian masukkan bahan pakan ternak tersebu dalam plastic atau tempat lainnya, ditekan agar padat, tidak ada udara (anaerob). Kemudian ditutup rapat selama 3 minggu.

Pakan komplit ini, bisa diberikan dan digunakan sesudah tiga hari proses fermentasi berlangsung, asalkan sesudah kita mengambil untuk diberi ke ternak harus ditutup rapat kembali.
Sesudah proses fermentasi sekitar 3 (tiga) minggu tersebut, pakan lengkap tersebut dapat disimpan dalam kondisi terbuka namun sebelumnya harus diangin-anginkan terlebih hingga kering.

Penulis : TRISNI SETIYANINGRUM,S.Pt / BPP Kec. Magetan Kab. Magetan

 

Lampiran :

Tanggal Artikel : 07-12-2017

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait