Materi Lokalita >> BALI >> KABUPATEN BULELENG >> BP3K Gerokgak

Pengembangan Tanaman Indigofera sp Sebagai Pakan Ternak

Sumber Gambar: dok.pribadi

Ternak sebagai penghasil daging dan susu dari tahun ke tahun semakin bertambah populasinya. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan usaha tani ternak adalah kontinuitas ketersediaan pakan.
Ketersediaan pakan ternak pada waktu tertentu seperti musim kemarau sangat terbatas, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Pada musim hujan pakan cukup tersedia, bahkan melebihi kebutuhan ternak sehingga petani mudah memperolehnya. Pakan hijauan terdiri dari dua yaitu rumput dan leguminosa (kacang – kacangan).
Leguminosa terdiri dari dua yaitu leguminosa herba (pertumbuhannya menjalar) dan leguminosa pohon/perdu. Leguminosa pohon/perdu mempunyai perakaran yang dalam yang bisa mencapai kedalaman tinggi untuk mendapatkan air maupun nutrisi, sehingga mempunyai kemampuan sebagai tanaman penghijauan dan reklamasi daerah kritis. Beberapa jenis leguminosa pohon ada yang digunakan sebagai pagar hidup atau sebagai tanaman pelindung/naungan di perkebunan. Beberapa leguminosa pohon yang biasa digunakan sebagai tanaman pelindung antara lain gamal (Giliriacidia sepium), lamtoro (Leucaena leucocephala), kaliandra (Caliandra calothryrsus) dan turi (Sesbania grandiflora) serta tanaman jenis tanaman leguminosa pohon yang belum banyak dimanfaatkan yaitu Indigofera sp.
Tanaman leguminosa Indigofera sp sudah dikenal mempunyai potensi sebagai sumber pakan bermutu tinggi, terutama selama musim kering saat mana ketersediaa hijauan rumput menurun tajam.
Kandungan Nutrisi Indigofera Sebagai Pakan Ternak:
Tanaman Indigofera sp adalah jenis leguminosa yang kaya akan protein, kalsium dan fosfor. Kandungan nutrisi tanamanIndigofera sp berumur 1 tahun dengan interval pemotongan 3 bulan terkandung protein kasar(PK) rata-rata 23,20%, bahan organik 90,68%, NDF 36,72%, fosfor 0,83% dan kandungan kalsium 1,23%. Dengan kandungan nutrisi tersebut, tanaman Indigofera sp sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai pakan ternak kambing sepanjang tahun.
Pegembagan tanamann Indigofera Sebagai Pakan Ternak:
Pemanfaatan tanaman Indigofera sp pada pakan ternak bisa diberikan dengan beberapa teknologi di antaranya pemberiaan tanaman Indigofera sp segar dicampur dengan rumput lapang.
Tanaman Indigofera sp yang dikembangkan mulai tahun 2016 melalui bantua kegiatan pengembangan sapi potong di Kelompok Tani Ternak PUTRA SEJAHTRA di desa Pejarakan Kecamatan Gerokgak, khusunya ternak sapi mempunyai prosfek yang cukup baik. Selanjutnya kelompok ini nantinya direcanakan sebagai pusat tanaman indigofera di Kecamatan gerokgak sebagai pakan ternak. Kelompok Tani ternak "Putra Sejahtera" merupaka satu-satunya kelompok tani ternak yang mengembangkan tanaman Indigofera,sp. Diharapkn nantinya Kelompok tani ini merupaka pusat pengembagan tanaman Indigofera, sp di Kecamatan Gerokgak.
Kandungan Nutrisi Indigofera Sebagai Pakan Ternak:
Tanaman Indigofera sp adalah jenis leguminosa yang kaya akan protein, kalsium dan fosfor. Kandungan nutrisi tanaman Indigofera sp berumur 1 tahun dengan interval pemotongan 3 bulan terkandung protein kasar(PK) rata-rata 23,20%, bahan organik 90,68%, NDF 36,72%, fosfor 0,83% dan kandungan kalsium 1,23%. Dengan kandungan nutrisi tersebut, tanaman Indigofera sp sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai pakan ternak sepanjang tahun.
Perbanyakan tanaman Indigofera Sebagai Pakan Ternak :
Tanaman Indigofera sp bisa dikembangkan dengan menggunakan biji, tidak bisa diperbanyak dengan memakai steak (batang). Biji disemaikan lebih dahulu di dalam polybag selama 60 hari kemudian sesudah tumbuh lalu ditanam. Tingkat pertumbuhan penanaman dengan biji sekitar 80%. Produksi Indigofera sp pada saat tanaman berumur satu tahun dengan jarak tanam 1 x 0,5 meter dapat menghasilkan produksi bahan kering 33,25 ton/ha/thn dengan interval pemotongan 3 bulan sekali dengan tinggi pemotongan 1,5 m di atas permukaan tanah.
penulis :Ir.Nyoman suarda, BPP Kec. Gerokgak.
Sumber; Laporan Kelompok Tani Terak "Putra sejahtera" di desa Pejarakan

Tanggal Artikel : 15-11-2017

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait