Materi Lokalita >> KALIMANTAN TENGAH >> KABUPATEN BARITO TIMUR

TEHNIK DAN CARA PENGOLAHAN TANAH PERSAWAHAN PADA TANAMAN PADI

Sumber Gambar: KEGIATAN ANJANGSANA DI WKPP RAMANIA KECAMATAN PATANGKEP TUTUI BARTIM KALTENG

Teknik dan Cara Pengolahan Tanah Persawahan Pada Tanaman Padi.#pada kali ini kami #bpp PATANGKEP TUTUI BARTIM akan berbagi tentang pertanian padi sawah yang membahas Cara Mengolah Sawah dengan Baik dan Benar. Bercocok tanam padi/budidaya padi adalah kegiatan yang betujuan mendapatkan hasil yang setinggi-tinginya dengan kualitas sebaik mungkin, untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan maka, tanaman yang akan ditanam harus sehat dan subur. Lahan becocok tanam diolah untuk meningkatkan kesuburan tanah sebagai media tumbuh tanaman padi. Tahapan pengolahan lahan, pada lahan basah/sawah.sebelum kita lanjut ke pembahasan utama alangkah baiknya kita bahas dulu tentang Klasifikasi Tanaman Padi,Morfologi Tanaman Padi,Teknik Budidaya dan Terahir langsung ke Pembahasan Makalah Teknik Pengolahan Tanah yang benar Tanaman Padi.

A. Latar Belakang
Padi (Oryza sativa) adalah bahan baku pangan pokok yang vital bagi rakyat Indonesia. Menanam padi sawah sudah mendarah daging bagi sebagian besar petani di Indonesia. Mulanya kegiatan ini banyak diusahakan di pulau Jawa. Namun, saat ini hampir seluruh daerah di Indonesia sudah tidak asing lagi dengan kegiatan menanam padi di sawah.

Sistem budidaya padi biasanya didahului oleh membuat persemaian. Pembuatan persemaian memerlukan suatu persiapan yang sebaik-baiknya, sebab benih di persemaian ini akan menentukan pertumbuhan padi di sawah, kemudian pengolahan tanah yang bertujuan mengubah keadaan tanah pertanian dengan alat tertentu hingga memperoleh susunan tanah (struktur tanah) yang dikehendaki oleh tanaman. Pengolahan tanah sawah terdiri dari beberapa tahap yaitu pembersihan, pencangkulan, pembajakan, penggaruan, dan perataan.Dalam penanaman bibit padi harus diperhatikan sebelumnya adalah persiapan lahan, umur bibit, dan tahap penanaman. Dalam pemeliharaan meliputi penyulaman.

Pengolahan tanah bertujuan untuk mengubah sifat fisik tanah agar lapisan yang semula keras menjadi datar dan melumpur. Dengan begitu gulma akan mati dan membusuk menjadi humus, aerasi tanah menjadi lebih baik, lapisan bawah tanah menjadi gembur, Pengolahan tanah bertujuan untuk mengubah sifat fisik tanah agar lapisan yang semula keras menjadi datar dan melumpur. Dengan begitu gulma akan mati dan membusuk menjadi humus, aerasi tanah menjadi lebih baik, lapisan bawah tanah menjadi jenuh air sehingga dapat menghemat air. Pada pengolahan tanah sawah ini, dilakukan juga perbaikan dan pengaturan pematang sawah serta selokan. Pematang (galengan) sawah diupayakan agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman.(LUKMANUL CHAKIM / PP.MUDA BARTIM KALTENG INDONESIA)

Lampiran :

Tanggal Artikel : 12-10-2017

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait