Gerbang Nasional

62 Eksafator siap merubah rawa menjadi Sawah melalui "Serasi"

Sumber Gambar:

Sungai Tabuk. Launching program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) untuk mendorong kesejahteraan petani melalui korporasi oleh Menteri Pertanian dilakukan di Desa Tajau Landung Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar Provinsi Kalsel, tanggal 18 Desember 2018. Hadir bersama rombongan Bupati Banjar, Pangdam VI Mulawarman, Kapolda Kalimantan Selatan, Kepala Kejaksaan Provinsi Kalimantan Selatan, Korem 101 Antasari, Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan dan kepala SKPD se Kalimantan Selatan.

Sungai Tabuk merupakan salah satu kecamatan di Kalsel yang dipilih sebagai pilot project percontohan program Serasi.

Amran selaku Menteri pertanian dalam arahannya" saat ini sudah disiapkan 62 eksafator untuk kegiatan 200 ribu ha rawa pasang surut/lebak pada program Serasi yang akan merubah rawa menjadi sawah atau lahan produktif. Kita harapkan pendapatan masyarakat akan meningkat dengan adanya penggunaan alat mesin pertanian berupa eksafator, TR 4, TR 2, pompa dan combine harvester"

Dengan Serasi diharapkan terjadi penambahan indek pertanaman (IP) dari 100 menjadi 300 melalui pemanfaatan full alsintan untuk tanam dan panen yang akan membuat produksi padi sepanjang waktu di Indonesia.

Selain padi, kegiatan serasi juga ditujukan untuk tanaman hortikultura, ternak dan ikan. Pematang rawa dapat ditanami bayam, sawi cabe,dll. juga dapat dimanfaatkan untuk peternakan ayam bebek dan budidaya ikan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Program serasi Indonesia direncanakan seluas 550.000 ha, terdiri dari lahan pasang surut 500.000 ha dan rawa lebak 50.000 ha akan dilaksanakan di 5 provinsi meliputi Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Lampung, Sulawesi Selatan dan jambi. Provinsi Kalimantan Selatan dan Sumatera Selatan sebagai pilot project mendapat target seluas 310.000 ha terdiri dari lahan pasang surut 300.000 ha dan rawa lebak 10.000 ha.
Disaat bersamaan, Mentan juga melakukan Insight with Desi Anwar (IWDA) melalui CNN Indonesia terkait Capaian 4 Tahun Kinerja Pertanian, dan dilanjutkan rapat koordinasi Serasi di Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan.

Sri Mulyani. BPPSDMP

Tanggal Artikel : 18-12-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Sukseskan Serasi Dengan Korporasi Petani
  2. Entaskan Kemiskinan, Mentan Tebar Ayam Kampung Petelur Unggul Untuk 11 Ribu Rtm
  3. Penyuluh Pertanian Wajib Mengawal Program Kementan
  4. Kementan Tanam Satu Juta Kopi Di Das Citarum