Gerbang Nasional

PENGUATAN KELEMBAGAAN PETANI DI KECAMATAN MUARA TELANG DALAM MENYAMBUT PROGRAM SERASI

Sumber Gambar: dokumentasi pribadi

Kecamatan Muara Telang merupakan pilot project dari Program SERASI, desa target awal untuk program ini akan dilaksanakan di empat desa yaitu Desa Telang Rejo, Telang Karya, Sumber Hidup dan Telang Makmur. Salah satu kegiatan untuk mendukung Program SERASI adalah dengan penguatan kelembagaan petani melalui penumbuhan dan pengembangan poktan/gapoktan dengan membuat design membangun unit usaha bisnis korporasi di setiap desa.

Agar lebih mengoptimalkan Program SERASI maka Pusat Penyuluhan Pertanian melakukan sosialisasi kepada ketua kelompoktani, gapoktan, UPJA dan perangkat desa dari keempat desa tersebut. Kegiatan tersebut dilaksanakan di rumah Kepala Desa Telangrejo pada tanggal 12 Desember 2018 dengan menghadirkan perwakilan beberapa poktan dan gapoktan dari empat desa yang berada di Kecamatan Muara Telang, serta Penyuluh Pertanian Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan dan Penyuluh Pertanian dari masing-masing wilayah kerja desa tersebut. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Penyuluhan, Zachron Helmi dan Kepala Sub Bidang Kelembagaan Petani, Yoyon Haryanto beserta Tim.

Ada beberapa poin penting yang telah disepakati pada pertemuan tersebut diantaranya adalah pada tahun pertama pengembangan unit usaha bisnis dikelola oleh gapoktan yang dilaksanakan disetiap desa dan untuk tahun kedua gapoktan didorong untuk menjadi Badan Usaha Milik Petani yang bentuknya dapat berupa Koperasi atau PT. Selain itu perlu ada penggerak unit usaha agribisnis yang digerakan oleh seorang manajer khusus untuk mengelola bisnis gapoktan dan masih berada di bawah koordinasi Kepala Desa. Manajer tersebut dapat berasal dari Kepala Desa, Penyuluh Pertanian atau individu yang memiliki kemampuan dalam jejaring dan kemitraan, serta diharapkan unit-unit usaha yang sudah berjalan di desa ke depannya di dorong agar masuk ke dalam pengelolaan gapoktan.

Semoga dengan telah adanya kesepakatan bersama tersebut, Program SERASI dapat segera terealisasi dengan lancar. (Nur Fajar)

Tanggal Artikel : 13-12-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. 62 Eksafator Siap Merubah Rawa Menjadi Sawah Melalui "serasi"
  2. Sukseskan Serasi Dengan Korporasi Petani
  3. Entaskan Kemiskinan, Mentan Tebar Ayam Kampung Petelur Unggul Untuk 11 Ribu Rtm
  4. Penyuluh Pertanian Wajib Mengawal Program Kementan