Gerbang Nasional

PUSLUHTAN MENDUKUNG PROGRAM SELAMATKAN RAWA SEJAHTERAKAN PETANI (SERASI)

Di penghujung tahun 2018, Kementerian Pertanian meluncurkan Program baru, yaitu Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani atau Program #Serasi. Tujuan dari program #Serasi adalah untuk lebih mengoptimalkan lahan rawa yang selama ini tidak termanfaatkan dengan baik untuk lebih meningkatkan kesejahterakan petani. Program ini merupakan salah satu implementasi kebijakan Presiden Jokowi, yang dilaksanakan di dua provinsi yaitu Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan. Untuk di Provinsi Sumatera Selatan pilot project tersebut akan dilaksanakan di Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin.

Salah satu upaya untuk menunjang Program #Serasi dengan melakukan pemutakhiran data poktan dan gapoktan, serta data kelembagan dan ketenagaan penyuluhan pertanian pada SIMLUHTAN. Kegiatan pemutakhiran tersebut dilaksanakan di Dinas Pertanian Kabupaten Banyuasin yang di pimpin oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Penyuluhan, Zahron Helmy. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 11 Desember 2018 yang dihadiri oleh 10 orang perwakilan admin level kecamatan di Kabupaten Banyuasin. Dalam arahannya Zahron Helmy menegaskan bahwa pemutakhiran tersebut harus dilakukan agar pusat dapat mengetahui kondisi riil di lapangan sehingga dapat teridentifikasi data poktan dan gapoktan yang sudah mempunyai skala ekonomi di wilayah kerja masing-masing Penyuluh Pertanian. Sementara Penyuluh Pertanian mempunyai tugas untuk mengawal poktan dan gapoktan agar kelembagaan yang dibentuk menjadi lebih kuat dan BPP harus menggerakan Penyuluh Pertanian serta mampu menjalankan lima fungsi BPP, yaitu sebagai pusat data dan informasi, koordinasi program, konsultasi agribisnis, pembelajaran dan kaji terap.

Semetara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan, Erwin Noorwibowo menyatakan bahwa masih adanya over lapping pekerjaan di Pusat untuk Program #Serasi tersebut, dikarenakan masih adanya perbedaan data di Pusat untuk cakupan skala ekonomi. Erwin Norwibowo menyarankan agar Pusat harus satu suara mengenai data tersebut dan skala mana yang harus dioptimalkan secara permanen karena Program #Serasi merupakan kegiatan raksasa yang harus segera disosialisasikan dan dilaksanakan di Provinsi Sumatera Selatan.

Semoga dengan adanya Program #Serasi tersebut niat mulia Pemerintah untuk lebih meningkatkan kesejahteraan petani dapat terlaksana dengan lancar. (Nur Fajar)

Tanggal Artikel : 11-12-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Penguatan Kelembagaan Petani Di Kecamatan Muara Telang Dalam Menyambut Program Serasi
  2. 62 Eksafator Siap Merubah Rawa Menjadi Sawah Melalui "serasi"
  3. Sukseskan Serasi Dengan Korporasi Petani
  4. Entaskan Kemiskinan, Mentan Tebar Ayam Kampung Petelur Unggul Untuk 11 Ribu Rtm