Gerbang Nasional

Tingkatkan Kompetensi, Penyuluh Pertanian Pertanian Provinsi Aceh mengikuti Diklat Dasar Penyuluh Pertanian

Sumber Gambar: doc.pusluh

 

Salah satu strategi untuk meningkatkan kompetensi kerja penyuluh pertanian adalah melalui penyelenggaraan pelatihan dasar penyuluh pertanian. Penyuluh sebagai agent of changes diharapkan dapat membantu menyiapkan ketersediaan pangan, karena itu perlu dibekali dengan kemampuan dan keterampilan yang sesuai dengan perkembangan. Hal ini sejalan dengan Peraturan Pemerintah No. 31 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional yang mengamanatkan bahwa pelatihan kerja berbasis kompetensi. Dalam rangka menerapkan pelatihan berbasis kompetensi tersebut diperlukan adanya standar kompetensi kerja sebagai acuan yang diuraikan lebih rinci ke dalam program, kurikulum dan silabus serta modul pelatihan.
Sebanyak 89 orang calon penyuluh pertanian dari Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Tamiang, Aceh Barat Daya, Aceh Utara dan Kabupaten Bener Meriah mengikuti Diklat Dasar Penyuluh Pertanian Alhi dan Terampil di BBPKH Cinagara pada tanggal 27 Agustus – 16 September 2018.
Di penghujung pelatihan tersebut, selama 5 hari para peserta melakukan praktek kompetensi di Kabupaten Sukabumi. Disana, peserta belajar untuk praktik langsung penyuluhan kepada masyarakat tani sekitar. Sebanyak 65 orang Penyuluh terampil melaksanakan praktik kompetensi di 6 kelompoktani yang ada di wilayah BPP Sukalarang, Kabupaten Sukabumi dan 24 penyuluh ahli melaksanakan praktik di P4S Kamboja, Kota Sukabumi.
Praktik kompetensi Diklat Dasar bagi penyuluh pertenian seyogyanya dilaksanakan di kelompoktani secara langsung agar para peserta bersentuhan langsung dengan para petani dilapangan guna mengimplementasikan ilmu yang telah didapat selama di belajar di ruang kelas. Penyuluh pertanian dituntut untuk mampu mengakses informasi teknologi dan sumber daya yang dimiliki guna mendukung perubahan pengetahuan, ketrampilan dan sikap petani”, ungkap Diat Sujatman, Kepala BPP Sukalarang. "Selain itu, penyuluh kini tidak hanya untuk meningkatkan kompetensi petani, namun harus bisa meningkatkan pendapatan petani", tambahnya. (Nurlaily).

 

Tanggal Artikel : 21-09-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Rembug Utama Ktna Tingkat Nasional, Momentum Bangkitnya Penyuluh Swadaya
  2. Entaskan Kemiskinan, Program Bekerja Sasar Masyarakat Garut
  3. Penumbuhkembangan Penyuluh Swadaya Dan Posluhdes,tingkatkan Fungsi Penyuluhan
  4. Kerjasama Indonesia - Fao