Gerbang Nasional

Penyuluh Zaman Now, Aktif Cari Tahu Informasi lewat Smartphone

Sumber Gambar: Dokumentasi IM

Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Siti Munifah. Dalam kegiatan penyuluhan pertanian, penyuluh harus bisa beradaptasi dengan perubahan mulai dari teknologi hingga cara berkomunikasi. Bahkan informasi pertanian terbaru bisa diperoleh hanya lewat smartphone. “Penyuluh harus siap dengan segala perubahan” statement tersebut disampaikan oleh Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Siti Munifah pada acara penutupan Pertemuan Sinkronisasi Kebijakan Penyuluhan Pertanian Tahun 2018 dan Rencana Tahun 2019, Makassar, Minggu (8/7).

Penyuluh harus bisa beradaptasi dengan perubahan mulai dari teknologi hingga cara berkomunikasi. Munifah menyampaikan pesan dari Presiden RI Joko Widodo bahwa penyuluh yang pada zaman old hanya berkeliling sawah untuk mengecek pertanaman yang dilakukan oleh petani. Tetapi diharapkan pada zaman 'now' penyuluh harus siap dengan segala perubahan termasuk bisa mengoperasikan android dan komputer, banyaknya informasi-informasi tambahan mengenai pertanian sudah tersaji lengkap di internet yang dengan mudah bisa di akses melalui handphone android atau komputer.

Karenanya, Pusat Penyuluhan membantu untuk mempublikasi informasi-informasi pertanian yang berasal dari kegiatan-kegiatan penyuluhan di berbagai daerah, berita-berita terbaru mengenai penyuluhan pertanian baik dalam tulisan, info grafis maupun video grafis yang ditujukan untuk peran aktif penyuluh dalam mencari informasi tambahan guna dijadikan bahan acuan ataupun inspirasi untuk melakukan penyuluhan kepada petani-petani binaannya.

Dengan membaca informasi yang tersaji dan terpublish, penyuluh dapat berbagi dengan sesama penyuluh lainnya bahkan kepada punlik dengan memberikan like, comment bahkan men-share informasi tersebut. "Tujuannya adalah agar kegiatan-kegiatan penyuluhan yang terpublish tersebut dapat tersampaikan ke semua komponen pejabat baik di Kementerian Pertanian dan pejabat diluar Kementerian Pertanian. Dan membuktikan penyuluhan masih dibutuhkan oleh negara ini," tutup Munifah.( Inne)

Tanggal Artikel : 10-07-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Kerjasama Indonesia - Fao
  2. Peresmian Pusat Informasi Agribisnis (pia) Deptan Untuk Mendorong Investasi Di Bidang Pertanian
  3. Menteri Pertanian Menyerahkan Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa Tahun 2009 Kepada 9 Pemulia Tanaman Terbaik
  4. Apresiasi Admin Sistem Informasi Manajemen Penyuluhan Pertanian (simluh) Level 3 Dan 4