Gerbang Nasional

Penyuluh Pertanian Jangan Cuma Duduk di Kantor," kata Plt Bupati Bangka

Sumber Gambar:

PENYULUH pertanian lapangan (PPL) di Kabupaten Bangka bagi Bupati Rustamsyah diibaratkan seorang guru, sementara para petani adalah muridnya maka PPL selayaknya lebih banyak di lapangan mendatangi petani ketimbang hanya bekerja di dalam kantor.

"PPL saya anggap sebagai guru, jangan duduk di kantor. Di kantor dakde (tidak ada) murid kalau di lapangan ada murid-muridnya. Petani dak mungkin datang ke kantor, tetap kalian yang harus datang menemui murid-muridnya," kata Plt Bupati Rustamsyah saat melantik 14 PPL menjadi PNS di lingkungan Pemkab Bangka, belum lama ini di ruang rapat 'Bangka Bermatabat.

Dia juga meminta agar PPL harus berbekal pengetahuan dan wawasan yang luas sehingga dapat melakukan transformasi pengetahuannya kepada para petani.

"Bahaya nanti murid lebih pinter daripada guru makanya penyuluh harus banyak membaca. Kalau dulu honor, ini sudah PNS, itu harapan agar peran seperti guru minimal nek ngajar bahan di kepala," kata Bupati Rustamsyah.

Menurutnya, pengangkatan PPL sebagai PNS merupakan kado terbesar bagi, lebih dari sekadar kenaikan gaji. Kalau diibaratkan THR maka manfaatnya tidak akan habis-habis.

Rustamsyah mengingatkan bahwa pertanian menyangkut masalah kehidupan banyak orang, maka nasib petani tergantung penyuluh pertanian. Bahkan ia mengingatkan tugas para penyuluh pertanian sangat berat karena sebagai garda terdepan bagi Kabupaten Bangka.

Dia juga meminta agar para PPL yang baru mendapat SK sebagai PNS tidak menggadaikan SK pengangkatan PNS ke bank.

"Kepada para PNS, SK-nya kalau bisa jangan ditaruh di bank dulu. Sekda dak mau tandatangan," kata Rustamsyah.

(ditulis ulang oleh Septalina)

Tanggal Artikel : 21-06-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Roadshow Pusluhtan, Bppsdmp Kementan Dorong Sinkronisasi Kebijakan Penyuluhan Pertanian
  2. Kabupaten Pasaman Barat Tingkatkan Kapasitas Penyuluh Pertanian.
  3. Penyuluh Pertanian Mendukung Upsus Program Pembangunan Pertanian.
  4. Koordinasi Pendampingan Dan Pengawalan Iku Bppsdmp Dan Upsus Pembangunan Pertanian Di Bpp