Gerbang Nasional

Mentan Ajak Mahasiswa Dukung Pengembangan Teknologi Informasi Pertanian

Sumber Gambar: Dokumentasi IM

MENTERI Pertanian RI Andi Amran Sulaiman mengajak dan mendorong 221 mahasiswa dari 58 perguruan tinggi di 33 provinsi untuk berperan aktif mendukung pembangunan pertanian nasional, dengan mendukung pengembangan teknologi informasi (TI) sektor pertanian mencapai swasembada pangan.

"Manfaatkan teknologi informasi, misalnya membuat WA grup interaktif antarmahasiswa pertanian di seluruh Indonesia untuk
memudahkan komunikasi, sehingga informasi dan teknologi yang didapatkan dapat ter-update," kata Mentan Amran Sulaiman pada kegiatan temu generasi muda pertanian di kanpus Kementan, Rabu (30/5).

Dalam pertemuan bertema 'Peran Generasi Muda Mendukung Indonesia Menuju Lumbung Pangan Dunia 2045' , Mentan mengingatkan mahasiswa juga dapat berperan mendukung pengawasan pemanfaatan anggaran pembangunan pertanian yang digelontorkan pemerintah pusat untuk petani melalui dinas terkait di daerah.

"Misalnya menginformasikan apabila ada penyimpangan di daerah masing-masing," kata Mentan pada temu mahasiswa yang dihadiri oleh Kepala BPPSDMP Kementan, Momon Rusmono.

Mentan mengingatkan pembangunan pertanian tidak hanya menuntut untuk memaksimalkan sumberdaya pertanian dengan berbagai pendekatan di bidang teknologi budidaya pertanian, tetapi juga sumber daya manusia (SDM) yang andal di bidang pertanian.

Sementara program terobosan Kementerian Pertanian untuk mengurangi kemiskinan di wilayah perdesaan adalah program #Bekerja (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera).

"Program ini dilaksanakan di 1.000 desa pada 100 kabupaten, yang diharapkan mampu menekan angka kemiskinan di bawah 10 persen pada 2018," kata Mentan.
(hevymay)

Tanggal Artikel : 31-05-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Kepala Pusluhtan Dorong Pns Calon Penyuluh Laporkan Kinerja Secara Online
  2. Sinergitas Percepatan Adaptasi Paket Teknologi Spesifik Lokalita Di Balai Penyuluhan Pertanian (bpp)
  3. Kabupaten Banyuasin Tingkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian Melalui Ikpp
  4. Tingkatkan Kesejahteraan Petani Melalui Pengembangan Kawasan Bawang Merah Berbasis Korporasi