Gerbang Nasional

Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan (OPA) Traktor Roda 4 untuk Lahan Kering

Sumber Gambar: Dokumen pribadi

Peran Penyuluh Pertanian sangat strategis dalam mendukung dan mengawal program swasembada dan swasembada pangan berkelanjutan, diversifikasi pangan, peningkatan nilai tambah, daya saing dan ekspor.


Salah satu untuk mendukung hal tersebut dengan percepatan olah lahan dengan mengoptimalkan pemanfaatan Traktor Roda 4 (TR4). TR4 merupakan bantuan dari Pemerintah dimanfaatkan untuk percepatan olah lahan sehingga dapat mendorong peningkatan produksi dan produktivitas Padi, Jagung, dan Kedelai. Peningkatan produksi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani beserta keluarganya. TR4 tersebut sangat dirasakan manfaatnya oleh kelompoktani petani, Desa Cibulan Kecamatan Cidahu, Kabupaten Kuningan - Jawa Barat, untuk pengolahan lahan pekarangan/perkebunan/kering. TR4 di Kec. Cibulan saat ini sedang dimanfaatkan untuk pengolahan lahan kedelai seluas 750 Ha, yang dimana sebelumnya lahan tersebut merupakan lahan tidur selama 15 tahun.


Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian selaku penanggung jawab Optimalisasi Pemanfaatan Alat mesin pertanian (OPA) Kabupaten Kuningan, meminta agar peran Penyuluh Pertanian untuk terus menggerakan melalui Upaya Khusus OPA melalui pendampingan dan pengawalan secara berkelanjutan agar dapat mendapatkan hasil maksimal sesuai dengan target Luas Tambah Tanam (LTT) yang ditetapkan. LTT meningkat, Swasembada dan Swasembada Pangan dapat dipertahankan. (Joko Samiyono)

Tanggal Artikel : 31-05-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Mentan Ajak Mahasiswa Dukung Pengembangan Teknologi Informasi Pertanian
  2. Kepala Pusluhtan Dorong Pns Calon Penyuluh Laporkan Kinerja Secara Online
  3. Sinergitas Percepatan Adaptasi Paket Teknologi Spesifik Lokalita Di Balai Penyuluhan Pertanian (bpp)
  4. Kabupaten Banyuasin Tingkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian Melalui Ikpp