Gerbang Nasional

Penyuluh Manfaatkan Kemajuan Teknologi Informasi Dalam Kegiatan Penyuluhan

Sumber Gambar: Dokumentasi IM

Penyuluh pertanian merupakan jembatan penghubung informasi pertanian kepada petani dan memiliki peran strategis dalam pencapaian kesuksesan pembangunan pertanian. Informasi pertanian menjadi salah satu faktor kunci dalam pencapaian keberhasilan program pembangunan pertanian. Keberhasilan program penyuluhan pertanian dapat tercapai apabila didukung oleh para penyuluh pertanian yang profesional, kreatif, inovatif, kredibel dan berwawasan global dalam bidang penyuluhan dan agribisnis. Bila penyuluh telah menjadi sahabat petani, maka media sosial harus menjadi sahabat penyuluh. Dengan kata lain penyuluh pertanian harus terbuka akan perkembangan teknologi digital internet maupun media sosial. Agar penyuluh tidak ketinggalan informasi, maka dapat mengetahui program Kementerian Pertanian melalui berita di internet juga media sosial selain informasi tercetak seperti koran, tabloid, majalah dan buku.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pusat Penyuluhan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian melaksanakan kegiatan sosialisasi penderasan arus informasi dan publikasi pencapaian kinerja hasil pembangunan pertanian. Setelah sebelumnya dilakukan di Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Garut, kali ini kegiatan dilanjutkan di Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Malang (Jawa Timur) serta Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Lampung Selatan (Provinsi Lampung) pada tanggal 28 s.d 29 Maret 2018 dengan jumlah peserta 50 orang/kabupaten.

Pada kegiatan ini, para penyuluh diberikan motivasi agar senantiasa menyampaikan informasi dan mempublikasikan berbagai inovasi teknologi dan keberhasilan pembangunan pertanian melalui berbagai media, antara lain website cyber ekstension, media online maupun media elektronik dan tercetak lainnya. Selain itu para penyuluh yang hadir juga dibekali dengan pengetahuan tentang teknik menulis berita, teknik membuat materi penyuluhan, teknik fotografi serta teknik pembuatan video penyuluhan menggunakan aplikasi Power Director.

Melalui kegiatan ini diharapkan para penyuluh mampu mengemas materi baik materi penyuluhan maupun materi publikasi keberhasilan pembangunan pertanian sehingga masyarakat mengetahui apa saja inovasi teknologi dan keberhasilan pembangunan pertanian baik dalam bentuk berita maupun video, serta memanfaatkan kemajuan teknologi informasi khususnya media sosial untuk kegiatan penyuluhan. (nurlaily)

#penyuluhbangkit
#petanisejahtera

Tanggal Artikel : 31-03-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Bpp, Pusat Edukasi Petani Dan Generasi Muda
  2. Penyuluh Pertanian Gunakan Berbagai Media Untuk Menyampaikan Informasi Dan Materi Penyuluhan
  3. Guna Mencapai Target Produksi, Kementan Buat Pilot Project Pengembangan Kawasan Pertanian Berbasis Korporasi
  4. Kabupaten Humbang Hasundutan Memperkuat Kelembagaan Dan Ketenagaan Penyuluhan Pertanian