Gerbang Nasional

Media Sosial, Sahabat Penyuluh Pertanian

Sumber Gambar: doc. pusluh

Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini seakan-akan membuat “dunia berada dalam genggaman”. Sejalan dengan hal tersebut, tidak bisa dipungkiri kebutuhan akan akses informasi yang diinginkan masyarakat untuk mengetahui fenomena yang sedang terjadi semakin ikut berkembang. Fenomena meningkatnya kebutuhan akan akses informasi yang dituntut masyarakat didukung pula dengan adanya media online sebagai media yang praktis, cepat dan efisien demi memenuhi hasrat masyarakat akan informasi. Dahulu media terbatas pada media cetak dan elektronik, tetapi kini ada media sosial yang menjadi alternatif untuk publikasi dan promosi.

Penyuluh pertanian memiliki peran strategis dalam pencapaian kesuksesan pembangunan pertanian dimana penyuluh merupakan jembatan penghubung informasi pertanian kepada petani. Informasi pertanian menjadi salah satu faktor kunci dalam pencapaian keberhasilan program pembangunan pertanian. Keberhasilan program penyuluhan pertanian dapat tercapai apabila didukung oleh para penyuluh pertanian yang profesional, kreatif, inovatif, kredibel dan berwawasan global dalam bidang penyuluhan dan agribisnis. Bila penyuluh telah menjadi sahabat petani, maka media sosial harus menjadi sahabat penyuluh. Dengan kata lain Penyuluh pertanian harus terbuka akan perkembangan teknologi digital internet maupun media sosial. Agar penyuluh tidak ketinggalan informasi, maka dapat mengetahui program Kementerian Pertanian melalui berita di internet juga media sosial selain informasi tercetak seperti tabloid,majalah dan buku.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pusat Penyuluhan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian melaksanakan kegiatan yang melibatkan 50 orang penyuluh pertanian di Dinas Pangan Kabupaten Majalengka pada tanggal 28 Februari 2018 dan 50 orang penyuluh pertanian di Dinas Pertanian kabupaten Garut. Pada Kegiatan ini selain dilakukan sosialisasi penderasan arus informasi dan publikasi pencapaian kinerja hasil pembangunan pertanian, penyuluh yang hadir dibekali juga dengan pengetahuan tentang teknik menulis berita, teknik membuat materi, teknik Fotografi serta teknik pembuatan video penyuluhan menggunakan aplikasi Power Director.

Kepala Dinas Pangan Kabupaten Majalengka, Bayu Jaya dalam sambutannya berpesan kepada seluruh penyuluh yang hadir agar dapat memanfaatkan media sosial sebagai salah satu media penyuluhan. “Penyuluh tidak boleh gagap teknologi, harus mampu mengoperasionalkan smartphonenya untuk kemajuan pertanian”. Perkembangan dan kemajuan yang terjadi dilapangan jangan lupa untuk diinformasikan baik di tingkat daerah maupun pusat, kalau bukan kita yang menyampaikan dan mempublikasikan keberhasilan kita, siapa lagi yang akan menginformasikan? tambahnya.

Dikesempatan lain Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Beni Yoga Gunasantika mengungkapkan apresiasinya kepada Pusat Penyuluhan yang berkenan memberikan pengetahuan kepada penyuluh pertanian dilingkup kerjanya dan menghimbau seluruh penyuluh dapat memanfaatkan perkembangan teknologi informasi khususnya media sosial dalam melaksanakan kegiatan penyuluhan. “Ilmu yang didapat hari ini jangan hanya disimpan sendiri, tetapi ditularkan kepada teman-teman penyuluh lainnya yang tidak berkesempatan hadir hari ini bahkan bila perlu ditularkan kepada petani agar pertani pun menjadi tanggap akan informasi”.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini selain memanfaatkan kemajuan teknologi informasi khususnya media sosial, penyuluh pertanian diharapkan mampu untuk mengemas materi baik materi penyuluhan maupun materi publikasi keberhasilan pembangunan pertanian sehingga masyarakat mengetahui apa saja inovasi serta keberhasilan pembangunan pertanian baik dalam bentuk berita maupun video. (Nurlaily).

Tanggal Artikel : 02-03-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Penyuluh Pertanian, Garda Terdepan Upsus Pajale
  2. Kementan Tingkatkan Kapasitas Pengelola Gapoktan
  3. “frimong” Si Jingga Manis Yang Berbuah Sepanjang Tahun
  4. Tomat Hitam, Varietas Baru Yang Kaya Akan Manfaat