Gerbang Nasional

Lebih dari 25.000 Eksemplar Informasi dan Materi Penyuluhan dibagikan di Penas XV 2017

Sumber Gambar: doc.Pusluh

Pengunjung membludak menjelang penutupan Penas XV 2017. Antusias warga yang ingin mengunjungi stand pameran, area gelar teknologi dan aneka permainan di lokasi Stadion Harapan Bangsa sangat tinggi. Mulai dari radius 1 km menuju stadion Harapan Bangsa mulai macet, warga berbondong-bondong ke even petani nelayan tersebut.
Salah seorang pengunjung, Fadhil mengaku kewalahan untuk masuk menuju stand pameran di Hall A1. “Padat sekali, mulai siang tadi ramenya, untuk jalan aja susah,” katanya. Menurutnya, ini sebagai bentuk antusias masyarakat dalam memeriahkan acara nasional 3-4 tahunan itu.

Sementara itu, peserta Penas KTNA yang berasal dari Jawa Timur, Siswandi mengaku kaget dengan membludaknya warga kota Banda Aceh yang selalu ramai tiap hari.
“Takjub saja, karena masyarakat Aceh begitu mendukung kegiatan seperti ini,” ujarnya. “Menurut saya ini merupakan pelaksanaan Penas teramai yang pernah terjadi, dari awal pembukaan hingga akhir pelaksanaan animo masyarakat tiak pernah menurun bahkan selalu bertambah”, ungkapnya.

Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh Pusat Penyuluhan Pertanian, banyaknya pengunjung yang hadir ke Penas XV menjadi peluang untuk menyebarluaskan informasi dan materi-materi penyuluhan. Informasi dan materi yang dibagikan berjumlah kurang lebih 25.000 eksemplar dengan rincian antara lain : Majalah Ekstensia edisi 8,9,10,11,13,14 dan 15, Majalah Pilar, Majalah Swadaya, Juklak Penumbuhan Kelembagaan Ekonomi Petani, Juklak Peningkatan Kemampuan Kelompok Tani, Juklak Pengawalan dan Pendampingan Penyuluhan di Sentra Tebu, Juklak Pengawalan dan Pendampingan Penyuluhan di Sentra Produksi Sapi, Leaflet Penggunaan Benih Unggul Tebu, Leaflet Menjaga Kesehatan Pedet, Leaflet Keuntungan Penggunaan Pengering Gabah dan Bahan Bakar Sekam (BBS), Leaflet Teknologi Adaptasi dan Mitigasi Peribahan Iklim pada Tanaman Kedelai, Leaflet Budidaya Padi, Leaflet Inovasi Adaptasi Perubahan Iklim Tanaman Padi, Leaflet Sawah Hemat Air, Leaflet Sejenis Buah dan Sayur, Leaflet Penanggulangan Antraks di daerah Endemis, Leaflet Pengembangan Tanaman Sagu, Leaflet Teknik Pemupukan yang Berimbang Pada Tanaman Jagung, Brosur Teknologi Budidaya Padi Gogo, Brosur Teknik Peroduksi Benih Kedelai Bersertifikat melalui PTT, Brosur Teknologi Budidaya Bawang Merah, Panduan Cyber Extension, Brosur Teknik Fasilitasi Partisipasif Dalam Penyuluhan Pertanian dan Permentan No. 67/Permentan/S.050/12/2016.

Bak gayung bersambut, tidak hanya antusias pengunjung saja yang tinggi, animo untuk mendapatkan informasi dan materi pun sangat baik. Sasaran penerima informasi dan materi terkait penyuluhan ini antara lain penyuluh yang mendampingi kontingen KTNA seluruh Indonesia, petani, mahasiswa dan masyarakat umum. Diharapkan informasi dan materi yang didapatkan dapat menjadi bahan acuan dalam melaksanakan kegiatan penyuluhan di lapangan dan dapat memperkaya pengetahuan mengenai pertanian pada umumnya.(Nurlaily).

Tanggal Artikel : 22-05-2017

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Penjajakan Kerjasama Di Wilayah Perbatasan
  2. Kementerian Pertanian Menjaring Calon Pengusaha Di Bidang Pertanian Melalui Bimtek Kelembagaan Ekonomi Petani
  3. Potensi Agrowisata Di Daerah Kecamatan Tebas Sungai, Sambas
  4. Sosialisasi Kartu Tani Dan Pertemuan Percepatan Validasi Data Melalui Simluhtan Di Wilayah Jawa Barat