Gerbang Nasional

Tingkatkan Kemampuan SDM melalui Pelatihan Teknologi Praktis Tepat Guna

Sumber Gambar: doc.Pusluh

Untuk mewujudkan Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani, maka diperlukan sumberdaya manusia pertanian yang profesional, mandiri dan berdaya saing. Berbagai peluang dan tantangan yang besar adalah ketersediaan lahan, SDM yang mumpuni, kelembagaan petani, permodalan, penyediaan benih, teknologi budidaya, serangan OPT, perubahan iklim, pasokan produk dan daya saing produk.
Kunci utama penumbuhan usaha agribisnis adalah penguasaan target pasar yang jelas dan kemampuan daya saing. Berkaitan dengan hal tersebut sebagai rangkaian kegiatan Penas XV Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) menyelenggarakan Pelatihan Teknologi Praktis Tepat Guna yang diisi oleh Balai Pelatihan lingkup BPPSDMP.

Salah satunya adalah pelatihan teknologi hidroponik yang diselenggarakan oleh BBPP Lembang yang diselenggarakan pada 7 Mei 2017 di SMAN 9, area Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Pelatihan dibagi menjadi 2 sesi dan 2 kelas dengan peserta 30 orang/kelas, namun antusias peserta yang tinggi menyebabkan peserta pelatihan melebihi kapasitas. Para peserta latihan rela untuk duduk berdesakan dengan peserta lainnya asalkan mereka dapat mengikuti pelatihan ini.

Keesokan harinya BBPP Ketindan menggelar pelatihan pengembangan teknologi tepat guna dengan materi pembuatan sabun herbal. Dari target 30 orang peserta, ternyata membludak menjadi 90 orang. Platihan pembuaatan sabun herbal berbahan baku campuran bahan alami dengan kualitas terbaik ini diproduksi secara teliti dengan menggunakan formula khusus dan mudah didapat tanpa bahan kimia yang berbahaya juga sangat aman untuk kulit. Pelatihan dibagi menjadi dua sesi, sesi I untuk siswa SMA dengan peserta 30 orang dan sesi II untuk masyarakat umum berjumlah 60 orang. Antusiasme masyarakat ini tentu saja beralasan. Karena masyarakat ingin mengetahui dengan detail pembuatan sabun, apalagi sabun herbal.

Rahmayani, salah satu peserta yang berasal dari Sulawesi Selata mengatakan bahwa sabun herbal banyak manfaatnya untuk tubuh dan kesehatan karena berasal dari bahan alami yang mudah didapat. Mudahnya praktek membuat sabun herbal ini juga membuat masyarakat tertarik untuk mengetahui jenis olahan produk lainnya di BBPP Ketindan.

Pelatihan Teknologi Praktis Tepat Guna ini merupakan pelatihan gratis yang bertujuan agar masyarakat mengetahui fungsi dan peranan BPPSDMP secara nyata, selain memiliki penyuluh yang siap untuk mendampingi petani di lapangan, BPPSDMP melalui Pusat pelatihan pertanian juga memiliki peranan penting dalam meningkatkan kemampuan petani maupun masyarakat umum. Kegiatan pelatihan dalam upaya menyukseskan Penas ke XV yang diselenggarakan di Aceh, sebagai wujud mendukung program BPPSDMP dalam usaha meningkatkan kompetensi penyuluh sekaligus memperkenalkan BBPP sebagai UPT dibawah BPPSDMP. (Nurlaily).

 

 

Tanggal Artikel : 16-05-2017

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Hadirkan Mahasiswa Sttp, Stand Bppsdmp Kebanjiran Pengunjung
  2. Penas Xv 2017, Ajang Pertukaran Informasi Dan Teknologi
  3. Gelar Teknologi “show Window” Penas Xv 2017
  4. Lebih Dari 25.000 Eksemplar Informasi Dan Materi Penyuluhan Dibagikan Di Penas Xv 2017