Published on Cyber Extension - Pusluhtan Kementan
(http://cybex.pertanian.go.id)
email sekretariat : cyberextension@gmail.com

Koordinasi Pendampingan dan Pengawalan IKU BPPSDMP dan UPSUS Pembangunan Pertanian di BPP

Sumber Gambar: Dokumentasi pribadi

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) merupakan Kelembagaan Penyuluhan Pertanian di kecamatan. Sebagai suatu unit kerja non struktural, BPP berfungsi sebagai tempat pertemuan bagi para penyuluh pertanian, petani dan pelaku usahatani. Peran strategis BPP adalah mengkoordinasikan, mensinergikan dan menyelaraskan kegiatan pembangunan pertanian di Wilayah Kecamatan dengan pemangku kepentingan terkait.

Untuk itu, penyuluh sebagai bagian dari BPP hendaknya menyampaikan hasil kinerjanya secara terukur, akuntabel, partisipatif dan transparan. Untuk itu perlu dilakukan penilaian dari kinerja penyuluh pertanian PNS dan THL-TB Penyuluh Pertanian. Hal ini disampaikan Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Siti Munifah, dalam pertemuan Teknis Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Penyuluhan Pertanian di Kabupaten Padang Pariaman, tanggal 23 Juni 2018. Siti Munifah menyampaikan bahwa Indikator Kinerja Penyuluh Pertanian (IKPP) merupakan kebijakan untuk mengevaluasi hasil kinerja penyuluh pertanian melalui Laporan Hasil Kinerja Penyuluh Pertanian (LHKPP) yang wajib dibuat dan harus dilaporkan setiap hari dan setiap bulan oleh Penyuluh Pertanian melalui Android dan sistem on_line melalui aplikasi (http://Apps00.pertanian.go.id). LHKPP juga sebagai bahan analisis Tim Pembina IKPP di setiap tingkatan kelembagaan penyuluhan pertanian pemerintah dan pemerintah daerah.

Selain sebagai Kelembagaan Penyuluhan Pertanian terdepan dan sekaligus tempat koordinasi BPP juga harus mampu mengawal kegiatan pembangunan pertanian di Kecamatan, melalui pendampingan dan pengawalan IKU BPPSDMP dan Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan (OPSIN) dalam rangka peningkatan produksi dan produktivitas komoditas unggulan.

Siti Munifah menambahkan bahwa BPP diharapkan juga dapat mendorong peningkatan mutu dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan pertanian yang akhirnya dapat meningkatkan kapasitas penyuluh pertanian, membangun keswadayaan dan kemandirian petani serta pengusaha tani di wilayah kerjanya masing-masing agar pola pikirnya dapat menghadapi persaingan di bidang pertanian regional maupun global. (Purnomo)

#BPP Rumah Petani#

Tanggal Artikel Diupload : 28-06-2018
Tanggal Cetak : 14-11-2018

Kementerian Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian
Jl. Harsono RM No.3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Telp/Fax. 021-7804386