Published on Cyber Extension - Pusluhtan Kementan
(http://cybex.pertanian.go.id)
email sekretariat : cyberextension@gmail.com

Kepala Pusluhtan Dorong PNS Calon Penyuluh Laporkan Kinerja secara Online

Sumber Gambar: Dokumentasi pusluh

KEMENTERIAN PERTANIAN RI mengajak dan mendorong para penyuluh pertanian untuk meningkatkan kinerja, dengan menyampaikan laporan kegiatan pendampingan dan pengawalan indikator kinerja utama (IKU) Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian setiap hari hingga tiap bulan secara online, sehingga kinerja para penyuluh terpantau baik dan menjadi acuan pengambilan kebijakan Pusat Penyuluhan Pertanian (Pusluhtan) di BPPSDMP.

"IKU sebagai output dari target kinerja yang harus dicapai, penyuluh pertanian merupakan jabatan fungsional yang termasuk dalam rumpun ilmu hayat pertanian disingkat RIHP, sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) PNS" kata Kepala Pusluhtan BPPSDMP Kementan, Siti Munifah di Balai Pelatihan Pertanian - BPP Jambi, Kamis (30/5).

Siti Munifah berada di BPP Jambi untuk memberikan pembekalan kepada 59 peserta pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) PNS calon penyuluh pertanian angkatan keempat, yang terdiri atas 30 orang untuk kelompok keterampilan dan kelompok keahlian 29 orang yang diadakan oleh BPP Jambi.

Kepala Pusluhtan menambahkan, Diklatsar wajib diikuti oleh seluruh PNS calon penyuluh pertanian kategori terampil dan ahli sesuai ketentuan Peraturan Menteri Pertanian - Permenpan No 02/2008 tentang Jabatan Fungsional Penyuluh Pertanian dan Angka Kreditnya.

"Diklatsar bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap penyuluh pertanian sehingga memiliki kemampuan dan mampu melaksanakan tugas termasuk memberikan wawasan berpikir secara komprehensif tentang permasalahan yang dihadapi petani," kata Siti Munifah. (Purnomo)

Tanggal Artikel Diupload : 02-06-2018
Tanggal Cetak : 16-08-2018

Kementerian Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian
Jl. Harsono RM No.3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Telp/Fax. 021-7804386