Published on Cyber Extension - Pusluhtan Kementan
(http://cybex.pertanian.go.id)
email sekretariat : cyberextension@gmail.com

Penguatan Kelembagaan dan Ketenagaan Penyuluhan Pertanian Mendukung Swasembada dan Swasembada Berlanjutan

Sumber Gambar: Dokumentasi IM

Kabupaten Lebak memiliki potensi pertanian seluas kurang lebih 54 ribu ha sawah yg tersebar di 28 kecamatan dan 340 desa. Untuk mendukung kegiatan pertanian di kabupaten yang merupakan salah satu lumbung pangan di Provinsi Banten tersebut, perlu ditunjang dengan memperkuat kelembagaan dan ketenagaan penyuluhan pertaniannya. Demikian disampaikan Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Siti Munifah, kepada Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak pada saat melakukan Kunjungan Kerja di Kabupaten Lebak-Banten (Minggu, 3 Februari 2018).

Menurut Kapusluhtan, penguatan kelembagaan dan ketenagaan penyuluhan pertanian dilakukan dalam rangka mendukung swasembada dan swasembada berlanjutan.

Kelembagaan penyuluhan pertanian di kabupaten lebak berada pada Dinas Pertanian dan Perkebunan dalam bentuk Bidang Penyuluhan, selain itu dukungan Ketenagaan penyuluhan pertanian kurang lebih sebanyak 132 orang terdiri dari 17 orang Penyuluh Pertanian PNS, 31 orang CPNS Penyuluh Pertanian, 49 orang THL-TB Penyuluh Pertanian, dan 35 orang Tenaga Kontrak Kabupaten. Dengan kondisi jumlah tenaga penyuluh pertanian saat ini dirasakan masih sangat kurang, Kapusluhtan berharap agar Pemda Kabupaten Lebak dapat terus memperkuat ketenagaan penyuluh pertanian tersebut dengan mengangkat penyuluh pertanian dari jabatan lain dalam jabatan penyuluh pertanian melalui Penyesuaian/Inpassing dengan mengacu pada PermenpanRB Nomor 26/2016.

Dalam rangkaian kunjungannya, Kapusluhtan meninjau BPP Mandalawangi serta berdialog dengan para penyuluh di WKBPP Mandalawangi. Dalam arahannya, Kapusluhtan mengingatkan kembali agar fungsi BPP sebagai tempat pertemuan para penyuluh Pertanian, Pelaku Utama dan Pelaku Usaha tidak dialihfungsikan, selain itu juga harus meningkatkan kapasitasnya, salah satunya dengan memanfaatkan lahan-lahan percontohan dengan baik.(Purnomo Anggorojati)

Tanggal Artikel Diupload : 04-02-2018
Tanggal Cetak : 23-06-2018

Kementerian Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian
Jl. Harsono RM No.3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Telp/Fax. 021-7804386