Gerbang Daerah >> LAMPUNG >> KABUPATEN LAMPUNG TENGAH >> BP3K Putra Rumbia

pengamatan hama wereng batang coklat pada padi

Sumber Gambar: Dokumen Pribadi

Mentoring tanaman padi yang terkenan penyakit wereng batang coklat (WBC). Petani kampung bina karya utama kecamatan putra rumbia kabupaten lampung tengah sangat resah dengan munculnya tanda-tanda serangan wereng batang coklat (WBC) dan saat ini sedang giat-giatnya untuk melakukan perawatan pertumbuhan tanaman padinya.
Info ini berasal dari kelompok tani kuningan lestari dan menemui petugas penyuluh, untuk selanjutnya penyuluh berkerjasama dengan petugas POPT untuk menujuk lahan petani untuk di amati tanaman tersebut (21-06-2018). Ternyata disitu tanaman padi punya kelompok menemukan gejala sekelompok wareng yang berada dirumpun padi miliknya.
Hasil setelah dilakukan pengamatn dengan seksama maka dipastikan bahwa tanaman tersebut memang benar dihinggapi wereng batang coklat.
Tindakan yang dilakukan petugas penyuluh serta POPT yaitu untuk melakukan penyemprotan inseksida aploud yang merupakan bantuan dari dinas pertanian tanaman pangan dan hartikultura kabupaten lampung tengah, yang mememng direkomendasikan untuk mengendalikan hama wereng. Pada kegiatan ini anggota kelompok tani kuningan lesatri sangat antusias mengikutinya sebagai upaya preventif atau pencegahan meluasnya anacaman meluasnya hama wereng terebut. Pengamtan secara rutin merupakan cara terbaik untuk pencegahan serangan WBC. Demikian disampaikan bapak Bambang sekalu petugas POPT dihadapan kelompok kuningan lestari.
Penulis Untung Y.

Tanggal Artikel: 11-01-2019

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Pengendalian Hama Tikus Dengan Cara Grobyokan
  2. Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Tani
  3. Peningkatan Kinerja Petugas Kupt Korlu Dan Penyeluluh Serta Gapotan
  4. Aplikasi Pestisida