Gerbang Daerah >> LAMPUNG >> KABUPATEN LAMPUNG TENGAH >> BP3K Seputih Surabaya

KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) BPP SEPUTIH SURABAYA

Sumber Gambar: Dokumen Pribadi

Persoalan kebutuhan hidup masyarakat saat ini sangatlah banyak mulai dari kebutuhan sandang, papan, dan pangan yang harus terpenuhi di tengah berbagai masalah sosial yang terjadi mulai dari kemiskinan, banyaknya jumlah penduduk, kriminalitas, korupsi, suap, pendidikan rendah, kesehatan, dan lain sebagainya. Sebagian besar masyarakat miskin bertempat tinggal di pedesaan dan menggantungkan kebutuhan hidupnya pada sumber daya alam terutama sektor pertanian. Penduduk desa yang tidak mempunyai lahan atau sawah sebagian besar mereka berprofesi sebagai buruh tani.
Walaupun situasi kemiskinan tersebut menimpa sebagian penduduk pedesaan yang pekerjaan utamanya pada sektor pertanian, namum mereka tetap dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya, meskipun dalam kondisi yang tidak memadai, oleh karena itu kementerian pertanian memberikan solusi yang bermanfaat bagi petani miskin atau pun buruh tani untuk membentuknya KRPL merupakan program nasional, yang dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia. Provinsi lampung, kabupaten lampung tengah kecamatan seputih Surabaya merupakan salah satu wilayah yang juga menerapkan program KRPL. Program yang didasari untuk mendukung terwujudnya ketahanan pangan nasional.
Ketersediaan pangan yang cukup merupakan hak azasi manusia yang harus dijamin oleh negara bersama masyarakat, ketahanan pangan ditentukan oleh dua faktor yaitu ketersediaan pangan dan akses pangan agar masyarakat dapat mengakses pangan, masyarakat memiliki kesempatan seluas-luasnya dalam mewujudkan ketahanan pangan melalui pelaksanaan produksi, perdagangan dan distribusi, penyelenggaraan cadangan pangan masyarakat, serta pencegahan dan penanggulangan masalah pangan yaitu: 1) Peningkatan komsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman berbasis pangan lokal; 2) Pengurangan jumlah penduduk rawan pangan; 3) Stabilitas harga pangan pokok di tingkat produsen dan penguatan cadangan pangan; 4) Penguatan peran Dewan pangan di tingkat Provinsi, Kabupaten, dan Kota dalam penanganan ketahanan pangan secara terpadu dan terkoordinasi, serta 5) berkembangnya model-model pemberdayaan ketahanan pangan keluarga.
. Prinsip dasar KRPL adalah pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan dan dirancang untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga, diversifikasi pangan berbasis sumberdaya lokal, pelestarian tanaman pangan untuk masa depan serta peningkatan pendapatan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk menjaga keberlanjutannya, pemanfaatan pekarangan dalam konsep model KRPL dilengkapi dengan kelembagaan kebun bibit desa, unit pengolahan serta pemasaran untuk penyelamatan hasil yang melimpah.

Tanggal Artikel: 11-01-2019

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Pengendalian Opt Pengerek Batang Padi
  2. Pengamatan Hama Wereng Batang Coklat Pada Padi
  3. Pengendalian Hama Tikus Dengan Cara Grobyokan
  4. Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Tani