Gerbang Daerah >> JAWA BARAT >> KOTA BEKASI >> BP3K Bantar Gebang

CAR FREE DAY SEBAGAI AJANG PROMOSI, PAMERAN DAN KONSULTASI PERTANIAN

Sumber Gambar: Dokumen Pribadi

 

Car Free Day (CFD) Jalan Ahmad Yani Kota Bekasi yang diadakan setiap hari Minggu pagi mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 09.30 WIB ramai dikunjungi warga Kota Bekasi. Mereka memanfaatkan ajang CFD untuk sekadar berolah raga seperti bersepeda, jogging, bermain badminton, sepak bola, dan lain-lain. Tak jarang mereka juga memanfaatkannya dengan sarapan bersama dan kumpul bersama keluarga serta berbelanja. Warga masyarakat terlihat memadati kawasan CFD mulai fly over Summarecon sampai dengan ujung Jalan Ahmad Yani persimpangan Jalan Noer Ali Kota Bekasi. Berbagai macam kuliner juga ditawarkan dalam event pekanan itu. Mulai dari kuliner khas Betawi seperti soto Betawi, Khas Jawa Tengah dan DIY seperti gudeg, dan juga modern seperti sosis panggang.

Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi memanfaatkan moment Car Free Day tersebut sebagai ajang pameran, promosi, menyampaikan informasi dan konsultasi kepada masyarakat seputar kegiatan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi. Pelaksanaannya yaitu memberikan tempat kepada para pelaku usaha pertanian dengan membuka Stand di area Car Free Day, tepatnya di Jalan Rawa Tembaga samping kantor Walikota Bekasi . Stand Dinas Pertanian dan Perikanan tesebut sangat diminati oleh warga masyarakat yang tertarik dengan dunia pertanian, terutama untuk membeli sarana pertanian sekedar berkebun di pekarangan rumah sampai dengan budidaya tanaman secara hidroponik. Pada kesempatan juga digelar promosi hasil olahan pertanian, sarana budidaya hidroponik, konsultasi budidaya tanaman secara vertikultur dan hidroponik untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah diperkotaan. Di stand tersebut juga tersedia jus sayuran hidroponik sehat dan bergizi yang bisa dibeli warga masyarakat setelah lelah berolahraga dan berkeliling menikmati suasana Car Free Day. Jus tersebut merupakan olahan hasil tanaman hidroponik dari petani hidroponik. Sayuran berwarna hijau biasanya mengandung banyak ragam vitamin dan mineral, dari vitamin A, vitamin C, folat, kalium, zat besi, hingga zink. Dari bayam, kale, brokoli, sawi, selada Romaine, selada air kubis Cina, hingga peterseli adalah beberapa pilihan sayur hijau terbaik untuk dijus dan diminum setiap hari. Sayuran hidroponik disini juga dijual dalam bentuk sayuran segar masih dalam netpot, para pembeli memilih sayuran di instalasi/modul yang selanjutnya ditimbang.
Konsultasi budidaya hidroponik diberikan oleh para penyuluh pertanian yang bekerja sama dengan pelaku usaha hidroponik dalam rangka memasyarakatkan hidroponik sebagai alternatif bertanam di lahan sempit terutama daerah perkotaan. Antusias masyarakat Kota Bekasi terhadap budidaya tanaman hidroponik sangatlah besar, selain untuk mempercantik dan memperindah rumah juga bisa digunakan untuk menyediakan bahan makanan sehat di pekarangan sendiri. Komoditi yang paling menarik warga masyarakat untuk dibudidayakan secara hidroponik adalah cabai, karena selain indah harganya fluktuatif sehingga dapat digunakan sebagai lumbung pangan ketika harga cabai naik.

Hasil olahan pangan yang di promosikan pada stand Dinas Pertanian dan Perikanan pada moment Car Free Day ini merupakan olahan yang dihasilkan oleh Kelompok Wanita Tani yang tersebar di Kota Bekasi berupa sirup kembang teleng, kripik singkong, dendeng daun singkong, olahan tanaman biofarmaka berupa jahe instan, kencur instant, kunyit instant dan bir pletok.

Namun, sarana hidroponik dan konsultasi hidroponiklah yang paling diminati oleh warga masyarakat mulai dari kelas bawah sampai atas. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dunia pertanian bukan hanya diminati oleh masyarakat kelas bawah, tetapi warga masyarakat kelas atas juga membutuhkan dan ingin bertani meskipun tidak harus mengangkat cangkul dan belepotan dengan tanah serta lumpur.

 

Penulis,

Nur Rahayu, SST

 

 

 

 

 

 

 

Tanggal Artikel: 06-12-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Praktek Pengembangan Tanaman Hidroponik
  2. Pelatihan Sistem Kebersamaan Ekonomi ( Ske )
  3. Bupati Bulungan Pimpin Penanaman Serentak Padi Sawah Di Desa Sajau Hilir Kec Tanjung Palas Timur
  4. Krpl Desa Pematang Tembesu