Gerbang Daerah >> ACEH >> KABUPATEN PIDIE JAYA

Tabur Benih Bersama Menuju Persiapan Farm Field Day di Desa Mesjid Tuha Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya

Sumber Gambar: dokumentasi bidang

Farm Field Day atau dikenal dengan Hari Temu Lapang yang disingkat dengan FFD merupakan suatu metode pemberdayaan petani, peneliti dan penyuluh untuk saling sharing informasi tentang teknologi pertanian yang diterapkan dan mendapatkan umpan balik dari petani mengenai masalah dan hambatan yang dihadapi dalam usahatani.

Kabupaten Pidie Jaya adalah salah satu Kabupaten yang mendapatkan satu kegiatan Demfarm Komoditi Spesifik alokasi dana APBA seluas 5 Ha. Bantuan kegiatan Demfarm ini diberikan dalam bentuk saprodi pertanian kepada Kelompok Udep Saban yang terletak di desa Mesjid Tuha Kecamatan Meureudu dengan padi sebagai komoditinya. Pada kegiatan Demfarm ini terdapat FFD yang akan menunjukkan demonstrasi tentang kegiatan pertanian di lapangan. FFD yang rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan bulan November 2018 ini berisi tentang informasi dan demonstrasi penanaman padi sistem jajar legowo dengan menggunakan mesin transplanter sebagai alat tanam padi modern.

Dalam rangka mempersiapkan kegiatan FFD tersebut, anggota Kelompok Udep Saban yang diketuai Bapak M. Nasir Ibrahim bersama Koordinator BPP Kecamatan Meureudu yaitu Bapak Mukhlis, S.ST, Kabid Penyuluhan Ibu Dwi Mahleta, SP dan penyuluh setempat melakukan tabur benih bersama pada dapok-dapok yang telah dipersiapkan. Kegiatan yang menjukkan kerjasama dan partisipatif masyarakat petani bersama elemen instansi Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Pidie Jaya ini diharapkan dapat menambah pengetahuan petani serta memberikan kontribusi positif berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan petani setempat dan petani Pidie Jaya umumnya. Peningkatan hasil panen dan efisiensi usahatani dengan menggunakan transplanter sebagai alat tanam padi. Alat transplanter diharapkan dapat memperkecil biaya tanam yang dilakukan secara manual dan penerapan sistem jajar legowo pada budidaya padi sawah dapat diaplikasikan dengan mudah melalui alat transplanter. 

Husna

Lampiran :

Tanggal Artikel: 09-11-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Pendampingan Pengembangan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat ( Ldpm ) Untuk Menjaga Ketahanan Pangan
  2. Menumbuh Kembangankan Kelembagaan Kelompok Tani Melalui Kegiatan Klik Pekka
  3. Partisipasi Gapoktan Artha Tani Kecamatan Jaten Dalam Karnaval Pembangunan Tingkat Kecamatan Jaten
  4. Kerjasama Dan Kebersamaan Kunci Sukses Pengendalian Tikus Di Poktan Sentul - Tembelang