Gerbang Daerah >> JAWA TIMUR >> KABUPATEN SITUBONDO

BIMBINGAN TEKHNIS DAN UJI KOMPETENSI CALON FASILITATOR PERTANIAN ORGANIK KABUPATEN SITUBONDO JAWA TIMUR

Sumber Gambar: Doc.KJF Situbondo

BIMBINGAN TEKHNIS BAGI CALON FASILITATOR PERTANIAN ORGANIK DAN UJI KOMPETENSI FASILITATOR PERTANIAN ORGANIK DI DINAS TANAMAN PANGAN HORTIKULTURA DAN PERKEBUNAN KABUPATEN SITUBONDO.

Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Situbondo Cq.Bidang Penyuluhan Pertanian mengadakan kegiatan Bimbingan Tekhnis bagi calon Fasilitator Pertanian Organik dan dilanjutkan Uji Kompetensi yang dilaksanakan selama 10 hari dengan rincian kegiatan : 7 hari bimbingan tekhnis dan 2 hari uji kompetensi.
Pelaksanaan Bimtek bekerja sama dengan Universita Jember Fakultas Pertanian yang menyampaikan materi – materi yang harus dimiliki seorang fasilitator organik,antar lain cara mengembalikan bahan organik yang semakin terkikis dengan teknologi – teknologi yang ramah lingkungan.
Pada hari ke 8 dan 9 para peserta di uji kompetensinya oleh lembaga uji kompetensi yang kompeten yaitu dari LSPPO yang melakukan tes teoritis dan praktek para peserta. Dari 30 Calon fasilitator yang dilakukan uji kompetensi oleh LSPPO semua dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat sebagai fasilitator pertanian organik,
Pada kegiatan penutupan dihadiri oleh Bapak Bupati Situbondo Bapak H.Dadang Wigiarto,SH dalam penutupan beliau mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk peningkatan kompetensi para petani dan diharapkan para peserta uji kompetensi menjadi agen perubahan dalam penyuburan tanah berbasis organik.Beliau mengatakan Situbondo memiliki masalah besar tentang kesuburan tanah dan memandang satu – satunya cara yang harus dilakukan dengan penggunaan bahan organik di lahan.

Tanggal Artikel: 14-09-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Demfarm Pengendalian Opt Tanaman Pala Dilaksaksanakan Di Kecamatan Meukek
  2. Dinas Pertanian Dan Perkebunan Prov. Aceh Laksanakan Pelatihan Petani Pelaku Agribisnis Komoditi Cabe
  3. Menuju Sentra Komoditas Unggulan Baru
  4. Optimalkan Pemasyarakatan Inovasi Bawang Putih Di Lumajang Dengan Penerapan Komponen Teknologi Langsung Di Lahan Kaji Terap