Gerbang Daerah >> ACEH >> KABUPATEN SIMEULUE >> BP3K Kampung Aie

Teknik Penanaman Padi

Sumber Gambar:

Pada lahan sawah irigasi dengan tanam pindah, bibit yang ditanam berjumlah 1 – 3 bibit per rumpun dengan menggunakan bibit muda berumur antara 10 – 15 hari. Kecuali untuk cara taam hazton yang menggunakan bibit lebih banyak dan umr bibit lebih tua. Pengaturan tanaman dilahan pertanaman dapat dilakukan dengan berjajar atau segi empat yang selanjutnya dikenal dengan istilah legowo dan tegel. Legowo adalah cara tanam padi sawah yang memiliki beberapa barisan tanaman kemudian diselingi oleh 1 baris kosong dimana jarak tanam pada barisan pinggir ½ kali jarak tanaman pada baris tengah. Penanaman cara "tegel" karena penempatan tanaman kelihatan seperti susun tegel rumah dimana jarak sisinya sama misalnya 20 X 20 cm atau 25 X 25 cm. Cara tanam dipilih dengan dasar pertimbangan hasil dan tujuan yang ingin dicapai. Penggunaan cara SRI memiliki tujuan untuk menghasilkan produk pertanian yang sehat, sedangkan jajar legowo dan Hazton ingin mendapatkan produksi yang maksimal.
Tanam benih langsung (tabela) memiliki beberapa keuntungan, diantaranya adalah :Masa produksi lebih pendek, 7-10 hari lebih cepat dari tanam pindah (Tapin), Menghemat tenaga kerja, Menghemat penggunaan air dan Meningkatkan hasil persatuan luas. Sedangkan kelemahannya adalah : Resiko kerebahan tanaman tinggi, Tingkat kerusakan tanaman oleh hama tikus cukup tinggi, Kebutuhan benih relatif banyak dan perlu pengolahan tanah sempurna.

Tanggal Artikel: 10-08-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Umur Panen Bawang Merah
  2. Kunjungan Puslikoka Dan Tim Dinas Perkebunan Propinsi Sulawesi Selatan Desa Bonto Tappalang, Kec. Tompobulu Kab. Bantaeng.
  3. Bimbingan Pengisian Buku Administrasi Poktan Baji Pa’mae Dan Poktan Abbulo Sibatang Desa Labbo
  4. Sekolah Lapang ( Sl ) Pengendalian Hama Wereng Desa Kuta Baro Kec. Kuala