Gerbang Daerah >> DI YOGYAKARTA >> KABUPATEN KULON PROGO >> BP3K Kokap

Gerakan Optimalisasi Potensi Desa

Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi

Gerakan Optimalisasi Potensi Desa adalah salah satu kegiatan annual BKPP (Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan) DIY dari Program Desa Mandiri Pangan (Demapan), yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan masyarakat desa dalam mengembangkan usaha produktif berbasis sumber daya lokal. Gerakan Optimalisasi Potensi Desa (GOPD) yang diselenggarakan di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo merupakan yang keempat kalinya dengan mengusung tema seputar ayam buras (ayam kampung). Untuk kegiatan GOPD tahun 2017 bisa dilihat di http://pertanian.kulonprogokab.go.id/article-135-gerakan-optimalisasi-potensi-desa-di-hargowilis.html

Potensi ayam buras di Desa Hargowilis cukup tinggi yaitu sebanyak 22.769 ekor dengan jumlah penduduk 5.756 jiwa (Sumber : BPS Kabupaten Kulon Progo dalam Kecamatan Kokap dalam Angka Tahun 2017). Sebagai makanan dengan kandungan protein yang tinggi, ayam mestinya menjadi pilihan yang mudah dan murah bagi masyarakat untuk mendapatkan kecukupan protein hewani. Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan yaitu penyuluhan tentang beternak ayam kampung, praktek pembuatan nugget ayam dan praktek pembuatan bakso ayam. Untuk fasilitator melibatkan tim Penyuluh dari BPP Kecamatan Kokap yaitu Edi Dwi Haryanto A.Md, Sutarsih, S.T.P. dan Yeri Dwihastuti A.W, S.P.

Peserta pelatihan yang terdiri dari anggota kelompok afinitas sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Hadir pula dari BKPP DIY Ir. Syam Arjayanti, MPA beserta staf yang memberikan pengarahan kepada peserta pelatihan agar peserta meningkat pengetahuan dan ketrampilannya dalam beternak ayam kampung sekaligus kreatif mempraktekkan nugget dan bakso ayam untuk menjadi alternatif pengembangan usaha sehingga bisa meningkatkan pendapatan anggota kelompok afinitas. Sejalan dengan tujuan Program Demapan yaitu mengurangi kerawanan pangan dan angka kemiskinan.

Di akhir acara, peserta mencicipi nugget ayam dan bakso ayam sekaligus mengevaluasi kegiatan Gerakan Optimalisasi Potensi Desa yang telah dilaksanakan. Selain itu peserta juga mendapatkan souvenir berupa anak ayam untuk dipelihara di masing-masing anggota kelompok afinitas yang diharapkan dapat berkembang untuk memenuhi kebutuhan protein keluarga.

 

Penulis : Yeri Dwihastuti A.W, SP

Tanggal Artikel: 12-07-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Pengolahan Hasil Telur Di Kwt Alam Indah Lestari
  2. Upsus Siwab Untuk Menjawab Tantangan Populasi Ternak Sapi
  3. Krpl Yang Terus Berlomba..
  4. Budidaya Jagung