Gerbang Daerah >> GORONTALO >> KABUPATEN BONE BOLANGO >> BP3K Bulango Timur

Poktan Lestari Bahas Persiapan PATB Botutonggu-tonggu

Sumber Gambar: Dokumentasi BPP Bulango Timur

Pemerintah dalam hal ini Kementrian Pertanian terus melakukan penambahan luas tanam padi. salah satunya adalah melakukan program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) padi ladang (padi gogo). Kecamatan Bulango Timur adalah salah satu wilayah yang mendapatkan alokasi kegiatan tersebut. PATB Padi ladang berlokasi di Desa Bulotalangi Timur dengan daerah pengembangan adalah pengunungan Botutonggu-tonggu seluas 25 ha.

Untuk kegiatan percepatan penanaman, maka digelar pertemuan teknis (11/7) di Aula Kantor Desa Bulotalangi Timur puntuk membahas persiapan pelaksanaan kegiatan untuk mempercepat penanaman. hadir dalam pertemuan tersebut adalah petani pelaksana PATB, pemerintah Desa Bulotalangi Timur, Kabid Tanaman Pangan Kabupaten Bone Bolango, KJF Pembina dan Penyuluh BPP Kecamatan Bulango Timur.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Bulotalangi Timur mengatakan "Program PATB padi ladang ini bertujuan baik, olehnya mari kita dukung kegiatan ini agar dapat terlaksana dengan baik. karena nantinya dampaknya kita sendiri yang akan merasakannya. ketika ini berhasil, maka bisa jadi padi ladang ini bisa menjadi icon desa kita. " Kata Jonk Adam

kelompok tani pelaksana PATB padi ladang di Desa Bulotalangi Timur adalah kelompok Tani Lestari, berjumlah 42 orang. "sebagian petani sudah pernah melakukan budidaya padi ladang, olehnya ini menjadi modal dan awal yang baik untuk program PATB di Botutonggu-tonggu nantinya."ungakp Sarini Abdullah yang juga sebagai penyuluh pendamping di Desa Bulotalangi Timur.

Kegiatan pertemuan teknis merumuskan beberapa hal yaitu untuk percepatan penanaman maka akan dilakukan kegiatan pengolahan lahan yang akan dilaksanakan pada tanggal 16-17 Juli 2018. Persiapan lahan akan dilakukan dengan cara mohuyula (gotong royong) menggunakan dan penyemprotan herbisida.
"Kami sangat mengapresiasi progres percepatan kegiatan PATB yang dilakukan oleh Poktan Lestari yang difasilitasi oleh pemdes dan penyuluh pertanian. hal ini mengisyaratkan bahwa poktan lestari siap untuk melaksanakan program ini."tutur Sulastri Lamusu selaku kabid Tanaman Pangan yang hadir di pertemuan tersebut.

kJF Pembina Kecamatan Bulango Timur menambahkan "terus jaga dan lakukan musyawarah sebelum melakukan sebuah kegiatan. sehingga kita dapat merumuskan solusi terbaik terhadap masalah yang ditemui nantinya"tambah Mulyadi Sumaga.

Dalam pelaksanaannya, BPP Bulango Timur siap melakukan pendampingan dan pengawalan terhadap suksesnya program PATB Padi Ladang. "kami siap kawal program Ini, dan lakukan pendampingan kepada petani pelaksana. Dengan adanya kebersamaan yang terbangun ini, maka PATB padi ladang ini dapat terlaksana dengan baik. "harap Sarini Abdullah

 

Penulis:

Suwandi Said S.ST

Penyuluh Pertanian Muda

BPP Kecamatan Bulango Timur

Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo

Tanggal Artikel: 12-07-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Gerakan Tanam Bawang Merah 2018
  2. Gerakan Tanam Bawang Merah
  3. Gerakan Optimalisasi Potensi Desa
  4. Pengolahan Hasil Telur Di Kwt Alam Indah Lestari