Gerbang Daerah >> LAMPUNG >> KOTA METRO >> BP3K Metro Barat

METRO BARAT MENYONGSONG PENGGUNAAN KARTU TANI DI TAHUN 2019

Sumber Gambar: Dokumentasi BPP Metro Barat

Kartu Tani merupakan kartu identitas bagi para petani yang gunanya untuk menyalurkan pupuk bersubsidi dan berbagai bantuan lain dari pemerintah langsung kepada para petani yang tergabung dalam kelompok tani. Kartu Tani, sebuah kartu yang hanya bisa dimiliki seseorang yang benar-benar petani melalui serangkaian proses verifikasi. Kartu inilah yang akan dipakai petani untuk mendapatkan pupuk bersubsidi sehingga pupuk subsidi yang diberikan pemerintah benar-benar sampai kepada yang berhak menerimanya.
Kartu tani adalah alat transaksi berupa kartu debit sebagaimana kartu ATM yang dapat digunakan untuk membeli pupuk bersubsidi. Dari sisi petani kartu ini bakal memudahkan petani mendapatkan saluran pupuk bersubdisi dan berbagai fasilitas kredit usaha rakyat lainnya. Berbeda dengan fasilitas pemerintah yang lain yang seringkali berbelok pada sasaran yang lain, kartu tani tak bakal membuat pemerintah salah sasaran lagi karena untuk mendapatkan kartu ini pemerintah sudah melakukan verifikasi data para calon pemegang kartunya.(Berdesa.com).
Untuk mendukung suksesnya pelaksanaan kartu tani di Kota Metro pada tahun 2019, BPP Metro Barat telah melakukan beberapa rangkaian kegiatan antara lain; melakukan sosialisasi di BPP Kecamatan Metro Barat dengan menghadirkan Penyuluh Pertanian, pengurus Gapoktan, pengurus Poktan, Kios pengecer dan Lurah, yang kemudian ditindaklanjuti pertemuan di kelompok-kelompok tani oleh para Penyuluh Pertanian WKPP, mengumpulkan Kartu Keluarga dari setiap petani anggota kelompok tani sebagai sumber data/identitas para petani calon pemegang kartu tani.
Ketika melakukan verifikasi data para calon pemegang kartu tani tidak semudah membalikkan telapak tangan, memang BPP Metro Barat juga telah mempunyai data petani di dalam RDKK Online Bank Lampung, juga telah melakukan pendataan petani pada Simluhtan Kementan, namun dari keduanya tersebut belum tertera nama ibu kandung, karena itulah sumber identitas petani yang lengkap ada pada Kartu Keluarga. Disaat pengumpulan Kartu Keluarga inilah tidak sesuai target waktu yang ditentukan dikarenakan ada beberapa kendala antara lain; pemilik lahan diluar Kelurahan, Kecamatan bahkan Kabupaten, bertepatan dengan waktu akan Pilkada sehingga pemilik Kartu Keluarga takut disalahgunakan untuk dukung mendukung pasangan calon, ada Kartu Keluarga yang tidak terisi nama ibu kandungnya sehingga harus menemui petaninya kembali. Namun kesemuanya itu dapat teratasi berkat kerjasama Petani, pengurus Poktan, Gapoktan, Penyuluh Pertanian Lapangan, Ketua RW maupun pihak Kelurahan.
Kehadiran kartu tani menunjukkan keberpihakan pemerintah pada petani. Pemerintah membuktikan tidak akan meninggalkan petani berjuang sendirian menghadapi segala tantangan yang juga sering berada pada posisi yang sangat lemah, menanggung biaya yang besar memperoleh keuntungan yang kecil. Mengingat hal itulah BPP Metro Barat mendukung penuh rencana penggunaan kartu tani pada tahun 2019 dengan telah menyelesaikan proses verifikasi petani calon pemegang kartu tani sekaligus selesainya Penyusunan RDKK Elektronik (e-RDKK) ditingkat Kecamatan Metro Barat.(A.Samidi/Penyuluh BPP Metro Barat).

Tanggal Artikel: 14-06-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Pengurus Poktan Blang Batee Adakan Sosialisasi Penangkar Benih Pada Anggotanya
  2. Pendampingan Petani Jeruk Desa Belancan – Kintamani Studi Tiru Ke Belitjestro Batu-malang Oleh : I Made Gastawan, Sp.
  3. Bpp Benua Lima Bartim Kalteng Berkesempatan Melaksanakan Halal Bihalal Serta Silaturahmi Ke Bpp Kasarangan Kabupaten Hst Kals
  4. Optimalisasi Alsintan Melalui Demplot Bpp Benua Lima Bartim Kalteng