Gerbang Daerah >> LAMPUNG >> KOTA METRO >> BP3K Metro Barat

BILLING SYSTEM, DISTRIBUSI PUPUK BERSUBSIDI MENDORONG DINAMIKA KELOMPOK TANI

Sumber Gambar: Dokumentasi BPP Metro Barat

Pupuk merupakan salah satu sarana utama dalam usaha budidaya pertanian di Wilayah BPP Metro Barat, terutama padi sawah. Pengawalan terhadap ketersediaan pupuk tersebut menjadi faktor utama dalam keberhasilan budidaya pertanian.Untuk memperbaiki sistem distribusi pupuk bersubsidi, Pemerintah Provinsi Lampung membuat kebijakan billing system. Hal ini merupakan strategi untuk meminimalisasi terjadinya distribusi pupuk bersubsidi yang tidak tepat waktu dan tepat sasaran.
Wilayah BPP Metro Barat, merupakan wilayah kedua setelah Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung selatan di Provinsi Lampung yang menangkap program Billing system. Billing System mempunyai tujuan untuk lebih menyederhanakan prosedur penebusan dan pengendalian penyaluran pupuk bersubsidi sehingga diharapkan dapat menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi dan sampai kepada yang berhak, yaitu para pelaku utama.
Untuk mendukung ketersediaan pupuk dan agar benar-benar sampai kepada para pelaku utama, ketepatan penyusunan RDKK (Rencana Difinitif Kebutuhan Kelompok) sebagai alat pemesanan pupuk bersubsidi harus disusun oleh Kelompok tani yang didampingi oleh para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) karena RDKK yang disusun adalah e-RDKK atau yang juga disebut RDKK online.
Ketika Poktan akan menebus pupuk bersubsidi, kelompok tani (poktan) harus membuka rekening di Bank Lampung. Setelah pengurus poktan melakukan pemesanan di sistem penebusan bank Lampung, akan mendapatkan kode / nomor pemesanan. Pemesanan untuk penebusan tidak harus datang ke Bank Lampung tetapi dapat dilakukan dari rumah dengan menggunakan aplikasi android maupun computer/Laptop.
Setelah melakukan pembayaran berdasarkan kode/nomor pemesanan, petugas bank akan mengeluarkan bukti bayar/resi. Bukti bayar tersebut akan digunakan untuk mengambil pupuk di kios yang sudah ditentukan. Jumlah pupuk yang dipesan/ditebus sesuai dengan jumlah alokasi pada e-RDKK yang terdapat dalam data base. Dengan demikian petani bisa mendapatkan pupuk dengan harga yang ditentukan pemerintah /HET.
Sejak dilakukan Lounching di Kota Metro pada tanggal 13 Maret 2017 oleh Gubernur Lampung hingga saat ini, kelompok tani di Metro Barat (25 kelompok tani) dan seluruh kelompok tani di Kota Metro telah melaksanakan penebusan pupuk bersubsidi dengan Billing System Bank Lampung. Dalam sistem ini memang awalnya ditemui beberapa kendala, seperti misalnya karena berbasis on line, adanya gangguan sinyal, server error, juga masalah keterbatasan SDM petani (memasukkan user ID dan password yang salah) dan lemahnya permodalan Poktan. Namun setelah dua tiga kali melakukan penebusan tidak lagi menemuai kendala justru dengan Billing System ini walaupun poktan belum mau melakukan penebusan pupuk, dari rumah-pun tidak harus ke Bank Lampung, melalui aplikasi android poktan juga bisa melihat masih berapa lagi kuota yang tersisa sehingga bisa mempersiapkan dana yang akan digunakan untuk penebusan, dengan demikian poktan juga menjadi lebih aktif.
Penebusan pupuk bersubsidi dengan Billing system relatif mudah, dan dapat dikatakan menguntungkan dan mendukung berbagai pihak terutama dinamika didalam poktan dan gapoktan lebih dapat berkembang, komunikasi pengurus dan anggota poktan, gapoktan semakin aktif begitu pula dengan pembimbingnya (PPL), dengan kios pengecer, dan lebih memacu proses pemupukan modal dalam Poktan, SDM Poktan dan Penyuluh meningkat dengan dapat menyajikan RDKK online yang sesuai kebutuhan petani dan penggunaan aplikasi android dan komputer, dan yang lebih menguntungkan lagi bagi poktan adalah pupuk dapat ditebus sewaktu-waktu sesuai dengan waktu kebutuhan sehingga tepat waktu, tepat jenis, tepat mutu, tepat harga, tepat tempat sudah dapat terpenuhi hanya memang di tepat jumlah untuk pupuk SP-36 dan NPK Ponska belum dapat terpenuhi sesuai RDKK.(A.Samidi/Penyuluh BPP Metro Barat)

Tanggal Artikel: 14-06-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Metro Barat Menyongsong Penggunaan Kartu Tani Di Tahun 2019
  2. Pengurus Poktan Blang Batee Adakan Sosialisasi Penangkar Benih Pada Anggotanya
  3. Pendampingan Petani Jeruk Desa Belancan – Kintamani Studi Tiru Ke Belitjestro Batu-malang Oleh : I Made Gastawan, Sp.
  4. Bpp Benua Lima Bartim Kalteng Berkesempatan Melaksanakan Halal Bihalal Serta Silaturahmi Ke Bpp Kasarangan Kabupaten Hst Kals