Gerbang Daerah >> JAWA BARAT >> KOTA TASIKMALAYA

REMBUG TANI

Sumber Gambar: Ir. Andang Hidayat (Cipedes)

REMBUG TANI
Bertempat di Saung Pertemuan Kelompok Tani Cikalang Kelurahan Cikalang Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya pada hari Senin, 9 April 2018 dilaksanakan Rembug Tani Desa dalam rangkaian Program Peningkatan Penyuluhan dan Pelatihan Pertanian BPP Cipedes, Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya. Pada kesempatan tersebut hadir dari Lurah Cikalang, Babinsa Cikalang, Koordinator BPP Cipedes, POPT, Ketua Gapoktan Trimukti Kelurahan Cikalang, Semua ketua kelompok Se-Kelurahan Cikalang dan anggota poktan Cikalang pelaksana kegiatan Sekolah Lapang yang berjumlah 20 orang.
Kegiatan Rembug Tani ini merupakan salah satu metode pemberdayaan petani melalui pertemuan yang dilakukan secara rutin oleh poktan/gapoktan dalam menjalankan usahataninya yang difasilitasi oleh penyuluh yang berada di wilayah BPP. Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini diantaranya untuk menggali permasalahan pada petani, kelompoktani/Gapoktan beserta pemecahannya dan mengidentifikasi potensi sumber daya alam dan upaya pengembangannya.
Output dari kegiatan ini adalah tersusunnya pemecahan permasalahan dan upaya pengembangan potensi sumber daya alam pada rencana kegiatan kelompok tani/gapoktan di Kecamatan Tawang.
Adapun Hasil Rembug Tani, yang berisi identifikasi masalah dan pemecahannya adalah sebagai berikut:
a) Perbaikan Saluran Irigasi di beberapa Blok Sawah di Poktan Cikalang yaitu di Blok Laswi sepanjang 500 meter dan blok Babakan Goyang sepanjang 200 meter yang belum diperbaiki yang segera di tindak lanjuti oleh Pihak Kelurahan Cikalang agar di sampaikan ke pihak yang terkait untuk sumber air irigasi bagi petani di Kelompok Tani Cikalang dan Poktan Cicurug
b) Inventarisir Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dan pemanfaatannya di kelompok tani mulai dari Traktor Roda 2, Pompa air, dan HandSprayer. Beberapa kelompok yang memerlukan Alsintan agar mengajukan untuk kebutuhan kedepannya dan senantiasa merawat amanah Alsintan yang ada di kelompok.
c) Perlu adanya regulasi yang mengatur pola tanam dan tata tanam untuk mempermudah pengendalian hama dan penyakit serta pengaturan air irigasi pada terjadi kekurangan air. Direncanakan secara bersama adanya musyawarah awal tanam sekelurahan Cikalang.
d) Dinamisasi kegiatan kelompok tani dengan mengintensifkan pertemuan kelompok tani di Kelurahan Cikalang dalam rangka musyawarah kegiatan usaha tani mulai dari persiapan lahan sampai dengan kegiatan pasca panen. Dan hal tersebut akan ditindaklanjuti dengan Sekolah Lapang (SL) dari kegiatan Dekon TA. 2018.

Tanggal Artikel: 16-04-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Pendistribusian Kartu Tani Di Wilayah Kerja Bp3k Plumbon Kab Cirebon
  2. Laporan Kunjungan Stpp Magelang Ke Kabupaten Semarang
  3. Rapat Koordinasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi Menggunakan Kartu Tani Tahun 2018
  4. Temu Lapang Petani ( Farmer’s Field Day ) Di Desa Tayur