Gerbang Daerah >> KALIMANTAN SELATAN >> KABUPATEN TABALONG

GELAR AGRIBISNIS, PROMOSI DAN KEARIFAN LOKAL H-1 DI TABALONG

Sumber Gambar: dokumentasi Wina PPL (2018)

Minggu (15/04/2018) geliat pelaksanaan kegiatan gelar agribisnis, promosi dan kearifan lokal mulai terasa di Desa Masingai II Kecamatan Upau, Kabupaten Tabalong. Kesibukan dari panitia pelaksana maupun peserta pameran yang berasal dari tujuh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) se Kabupaten Tabalong mewarnai pagi hingga malam hari. Kegiatan lomba stand pameran agribisnis, promosi produk-produk unggulan dan hasil olahan serta teknologi yang berakar dari kearifan lokal masing-masing wilayah penyuluhan seluruh BPP akan menjadi acara utama dari kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 April 2018 (Senin). Turut hadir dalam persiapan kegiatan ini adalah Kadis Pertanian, Ir. Johan Noor Effendi dan pejabat dari Kecamatan Upau,Tabalong.

Berbagai kegiatan yang diakomodir oleh PERHIPTANI DPD Tabalong dan DPC Wilayah Utara Tabalong juga akan turut memeriahkan acara, seperti lomba Ranking I dan lomba ketangkasan bongkar pasang ban traktor yang akan diikuti oleh kelompoktani se Kecamatan Upau.
Selanjutnya pada hari berikutnya Selasa (17/04/2018) acara adat masyarakat Desa Masingai II yakni prosesi "Wiwitan" juga telah dijadwalkan untuk dilaksanakan, sebagai usaha pemerintah daerah Tabalong melalui Dinas Pertanian Tabalong dalam melestarikan budaya masyarakat setempat yang sebelumnya selalu mereka laksanakan secara swadaya di Desa Masingai II, dan di tahun 2018 ini mulai diraih oleh pemda setempat untuk diakomodir menjadi event kabupaten Tabalong.

Kepanitiaan acara ini diketuai oleh drh. Budi Hariyatno (Sekretaris Dinas Pertanian Tabalong) dan dibantu oleh seluruh pegawai di lingkungan Dinas Pertanian Tabalong. Untuk memperlancar kegiatan Desa Masingai II juga membentuk kepantiaan tingkat desa yang dipimpin oleh Kepala Desa setempat, Sabar Susilo dan Ketua Kelompoktani binaan BPP Kembang Kuning, Maryadi.

Hj. Zulzana Efriani, S.Pi selaku pejabat pelaksana teknis kegiatan, melalui acara ini juga terus berusaha memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh Penyuluh Pertanian di lingkup Dinas Pertanian Tabalong agar terus memiliki inisiatif yang tinggi, serta jiwa inovatif dan kreatif untuk membangun SDM pertanian kabupaten Tabalong. Jargon kesukaan beliau yang dikutip dari penyuluh senior di BPPSDMP Pusat adalah : "PENYULUH itu ADA dan BISA!!!"

*) Pewarta adalah admin cyber extention untuk kabupaten Tabalong dan Penyuluh Pertanian Pertama pada BPP Kelua, Dinas Pertanian Tabalong.

Tanggal Artikel: 16-04-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Rembug Tani
  2. Pendistribusian Kartu Tani Di Wilayah Kerja Bp3k Plumbon Kab Cirebon
  3. Laporan Kunjungan Stpp Magelang Ke Kabupaten Semarang
  4. Rapat Koordinasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi Menggunakan Kartu Tani Tahun 2018