Gerbang Daerah >> KALIMANTAN SELATAN >> KABUPATEN TABALONG

Pelatihan “ANTI GAPTEK” untuk Penyuluh Tabalong

Sumber Gambar: dokumentasi Wina PPL (2018)

Selasa, 13 Maret 2018


Dunia penyuluhan Indonesia telah bersiap menyambut era informasi dan teknologi yang akhir-akhir ini telah berkembang dengan begitu pesatnya. Menepis anggapan penyuluh-penyuluh pertanian dikenal banyak yang GAPTEK (gagap teknologi) atau alergi terhadap kemajuan teknologi, maka menjawab tantangan ini bidang penyuluhan Tabalong dengaan ditangani langsung oleh Kasi Metode dan Informasi Penyuluhan; Hj. Zulzana Efriani, S.Pi mengadakan Pelatihan Metode Teknologi dan Informasi Penyuluhan Kabupaten Tabalong yang dijadwalkan akan dilaksanakan selama empat hari berturut-turut (13 s/d 14 Maret 2018 di aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan 15 s/d 16 Maret 2018 di aula Dinas Pertanian Tabalong).
Pelatihan yang diikuti sebanyak 25 orang penyuluh pertanian se Kabupaten Tabalong ini dibuka secara resmi oleh Bapak drh. Budi Hariyatno, Sekretaris Dinas Pertanian Tabalong, kemudian dilanjutkan dengan laporan panitia pelaksana kegiatan oleh Ibu Hj. Zulzana Efriani, S.Pi. Dari pemaparannya, kedua pejabat ini mengharapkan agar tujuan pelatihan ini dapat tercapai yaitu agar peserta dapat memahami dan menguasai teknologi dan informasi penyuluhan berbasis internet yang teramat penting untuk menjalankan tupoksi sebagai penyuluh pertanian sehingga diperoleh luaran terciptanya peningkatan SDM penyuluh-penyuluh Tabalong.


Pada hari pertama (13/03/2018) nara sumber yang diundang dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan adalah Bapak Syahriannoor, SP yang memberikan materi EVALUH (sistem evaluasi kinerja penyuluhan pertanian) dan SILUHTAN (sistem evaluasi penyelenggaraan penyuluhan pertanian), serta Bapak Fahrul Zani, S.ST yang menjadi pemateri SIMLUHTAN (sistem informasi penyuluhan pertanian) dan ePanen (aplikasi pendataan rencana panen).
Materi berikutnya yang berkaitan dengan tugas penyuluh adalah tentang pelaporan e-RDKK (elektronik rencana definitif kebutuhan kelompok) yang dititikberatkan untuk rencana penyusunan kebutuhan pupuk bersubsidi komoditas pertanian dan perkebunan. Selain itu, pelatihan ini juga kan memberikan nutrisi ilmu teknis penulisan, peliputan, penggalian berita, dan penyiaran radio/TV; akan dibawakan oleh Bapak Gt. Judid Ihsan P, S.STP, M.IP; Bapak Subiantono, dan Bapak Husnan Budiman.


Session pertama pelatihan untuk peningkatan SDM penyuluh pertanian Tabalong ini rencananya akan disusul dengan session pelatihan berikutnya tentang penyusunan materi-materi penyuluhan dengan peserta dari penyuluh yang berbeda. Semoga dengan diberikan berbagai pelatihan ini dapat meningkatkan performa kinerja penyuluh pertanian Tabalong dengan lebih baik lagi, karena penyuluh pertanian Tabalong ANTI GAPTEK.

Pewarta : Eka Rismawina,SP (admin cyber extension kabupaten Tabalong dan penyuluh pertanian pertama pada Balai Penyuluhan Pertanian Kelua)

Tanggal Artikel: 13-03-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Kunjungan Dan Supervisi Bpp Dusun Timur Kalteng Ke Lokasi Pertanaman Padi Wkpp Jaar
  2. Bimtek Penyusunan Data Base Tahun 2018
  3. Penambahan Jaringan Untuk Pengamatan Cuaca Di Bpp Patangkep Tutui Bartim Kalteng
  4. Bimbingan Teknis Penyusunan Data Base Tahun 2018