Gerbang Daerah >> RIAU >> KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

KEGIATAN PENYUSUNAN PROGRAMA PENYULUHAN PERTANIAN KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI TAHUN 2018

Sumber Gambar: DKTTPP Kab. Kep. Meranti

Oleh : Nursita Apriani, SPPPL Kelurahan Selatpanjang Timur Kecamatan Tebing Tinggi

Penyuluhan Pertanian merupakan salah satu kegiatan yang menunjang keberhasilan program perkembangan pertanian. Kegiatan penyuluhan pertanian bertujuan meningkatkan pendapatan petani dan keluarganya melalui peningkatan produksi pertanian. Sistem penyuluhan pertanian adalah rangkaian pengembangan kemampuan, pengetahuan dan keterampilan serta perubahan sikap bagi pelaku utama dan pelaku usaha melalui penyuluhan dan peran sertanya dalam pembangunan pertanian.
Program penyuluhan pertanian disusun dengan memperhatikan keterpaduan dan kesinergian programa penyuluhan pada setiap tingkatan. Keterpaduan mengandung maksud bahwa programa penyuluhan pertanian disusun dengan memperhatikan program penyuluhan pertanian tingkat kecamatan, kabupaten/ kota, tingkat propinsi dan tingkat nasional, dengan berdasarkan kebutuhan pelaku usaha. Sedangkan yang dimaksud dengan kesinergian yaitu bahwa programa penyuluhan pertanian pada tiap tingkatan mempunyai hubungan yang bersifat saling mendukung. Dengan demikian semua programa penyuluhan pertanian selaras dan tidak bertentangan antara penyuluhan pertanian dalam berbagai tingkatan.
Adapun tujuan dalam pelaksanaan Kegiatan Penyusunan Programa Penyuluh Pertanian adalah:
1. Sebagai pedoman dasar dalam pelaksanaan Kegiatan Penyusunan Programa Penyuluh Pertanian bagi Penyluh PNS, Penyuluh CPNS dan Penyuluh Tidak Tetap Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti.
2. Bahwa Penyusunan Programa Penyuluh Pertanian yang disusun setiap tahun, memuat rencana Penyuluhan tahun berikutnya sebagai pelaksanaan Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan.
3. Bahwa Penyusunan Programa Penyuluh Pertanian disusun dengan memperhatikan keterpaduan, yaitu berdasarkan kebutuhan pelaku utama daan pelaku usaha.
4. Menyediakan bahan Penyusunan Perencanaan Penyuluhan untuk disampaikan dalam forum Musrenbang tahun berikutnya.
Tema Kegiatan Penyusunan Programa Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Tahun 2018 "MELALUI PROGRAM PENYULUHAN PERTANIAN TINGKAT KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI TAHUN 2018, KITA TINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA PENYULUH, PELAKU UTAMA, PELAKU USAHA DAN PENYELENGGARAAN SISTEM PENYULUHAN DI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI."
Tempat Kegiatan Penyusunan Programa Penyuluh Pertanian diselenggarakan di ruang pertemuan Hotel Grand Indobaru Jl. Diponegoro Selatpanjang. Pelaksanaan dilakukan pada tanggal 27 s/d 28 Februari 2018.
Peserta Kegiatan Penyusunan Programa Penyuluh Pertanian Kabupaten Kepulauan Meranti berjumlah 115 orang terdiri dari Penyuluh PNS 12 Orang , Penyuluh CPNS 1 Orang dan Penyuluh Pertanian Tidak Tetap Daerah 95 Orang, Paremedis Veteriner sebanyak 8 Orang
Narasumber Kegiatan Penyusunan Programa Penyuluh Pertanian Kabupaten Kepulauan Meranti antara lain :
1. Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau yang menangani penyuluhan.
2. Kepala UPT Balai Pelatihan Penyuluhan Pertanian Provinsi Riau.
3. Kepala Bidang Pertanian Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Kepulauan Meranti.
4. Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Kepulauan Meranti.
5. Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Kepulauan Meranti.
6. Dinas Perkebunan dan Hortikultura Kabupaten Kepulauan Meranti.

Tanggal Artikel: 13-03-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Rapat Pemetaan Hamparan Sawah Wkbpp Tanjung Kemuning
  2. Pelatihan “anti Gaptek” Untuk Penyuluh Tabalong
  3. Kunjungan Dan Supervisi Bpp Dusun Timur Kalteng Ke Lokasi Pertanaman Padi Wkpp Jaar
  4. Bimtek Penyusunan Data Base Tahun 2018

  • e-Petani
  • e-Petani
  • e-Petani
  • e-Petani
  • e-Petani
  • e-Petani
  • e-Petani
  • e-Petani