Gerbang Daerah >> JAMBI >> KOTA SUNGAI PENUH >> BP3K Tanah Kampung

Supervisi Kegiatan Demplot Penyuluh Kecamatan Tanah Kampung

Sumber Gambar: doc. BPP Tanah Kampung

Demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan dengan teknologi tertentu yang dilaksanakan oleh penyuluh berkerja sama denagan petani sebagai demonstartornya agar petani bisa melihat dan membuktikan objek demonstratornya. 

 

Untuk Wilayah Kerja BPP Tanah Kampung untuk tahun 2017 mendapatkan alokasi 7 paket Demplot yang penganggarannya berasal dari Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura Kota Sungai Penuh. Tanaman yang menjadi objek demonstrasi adalah Jahe Merah dan Kunyit (Tanaman Obat-obatan) sebanyak 4 WKPP, Bawang 2 WKPP, dan 1 Demplot dilaksanakan di lahan percontohan milik BPP.

Pada tanggal 6 sampai 7 Desember telah dilakukan kegiatan Supervisi oleh Tim Supervisi dari Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kota Sungai Penuh yang dalam hal ini dilaksanakan oleh Edi, SP (Kasi Penyuluhan) dan Suhartati, SP (Fungsional Penyuluh) untuk mengevaluasi sejauh mana progres kegiatan yang dilaksanakan oleh penyuluh di lapangan. 

Diharapakan dengan adanya kegiatan demplot ini dapat menambah pengetahuan penyuluh dan juga petani, mempercepat transfer teknologi ke petani serta mendorong penyuluh dan petani berinovasi di lapangan. 

 

Penulis: Aidil Adha, A.Md

Adimin BPP Tanah Kampung

Tanggal Artikel: 07-12-2017

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Pembinaan Kelompok Unit Pelayanan Jasa Alsintan (upja)
  2. Seminar Bidang Pertanian Untuk Pertamakalinya Di Kabupaten Tabalong
  3. Temu Kelembagaan Ekonomi Petani (kep) “saphe Kheun” Di Balai Peyuluhan Pertanian Kec Trumon Timur Aceh Selatan
  4. Rembug Tani Dalam Rangka Pembentukan Kelembagaan Ekonomi Petani “wanita Tani Mandiri” Desa Paya Dapur Kec Kluet Timur Aceh S