Gerbang Daerah >> NUSA TENGGARA BARAT >> KABUPATEN LOMBOK BARAT

DUKUNGAN DANA DESA PADA SEKTOR PERTANIAN DI KECAMATAN LEMBAR KAB. LOMBOK BARAT

Sumber Gambar: Arsip UPTD Pertanian Kec. Lembar

Kecamatan Lembar terdiri dari 10 desa yaitu Desa Mareje, Mareje Timur, Sekotong Timur, Eyat Mayang, Labuan Tereng, Lembar Selatan, Lembar, Jembatan Kembar, Jembatan Kembar Timur dan Jembatan Gantung.
Dari ke sepuluh desa tersebut lima (Mareje, Mareje Timur, Lembar Selatan, Jembatan Kembar dan Jembatan Gantung) diantaranya memiliki dukungan yang cukup besar melalui DD terhadap pembangunan pertanian di desanya masing-masing dengan bentuk mengadakan pelatihan dan kursus tani setiap tahunnya sejak tahun 2015 .
Namun dari lima desa yang disebut di atas yang paling konsisten adalah Desa Jembatan Gantung yang secara kontinyu 3 tahun ini terus mengadakan pelatihan dan kursustani baik yang diadakan di balai desa maupun yang langsung dilakasanakan di balai pertemuan kelompok.
Keberlangsungan kegiatan ini tidak terlepas dari peran serta penyuluh kecamatan, penyuluh desa dan pengurus PPD (Pos Penyuluhan Desa) setempat yang ditunjuk oleh pihak desa sebagai penyelenggara mauapun narasumber.
Semoga dukungan desa melalui DD ini menjadi pelecut semangat teman-teman penyuluh bersama PPD untuk terus melakuakan pembinaan terhadap pelaku utama maupun pelaku usaha pertanian yang ada di wilayah kerja mereka. Dan harapan kami, pemerintah desa yang belum melakukan dukungan terhadap sektor pertanian melalaui DD ini pada tahun-tahun berikut ini mengikuti jejak lima desa yang sudah terlebih dahulu melaksanakan.
Dan output yaang diharapkan dari kegiatan-kegiatan yang dilakasankana baik berupa kursustani maupun pelatihan adalah meningkatnya pengetahuan, keterampilan dan sikap petani tentang materi yang dilatihkan di masing-masing desa dapat tercapai.

Oleh: Amrulloh, SP (PP Muda kab. Lombok Barat)

Tanggal Artikel: 07-12-2017

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Supervisi Kegiatan Demplot Penyuluh Kecamatan Tanah Kampung
  2. Pembinaan Kelompok Unit Pelayanan Jasa Alsintan (upja)
  3. Seminar Bidang Pertanian Untuk Pertamakalinya Di Kabupaten Tabalong
  4. Temu Kelembagaan Ekonomi Petani (kep) “saphe Kheun” Di Balai Peyuluhan Pertanian Kec Trumon Timur Aceh Selatan