Gerbang Daerah >> SUMATERA BARAT >> KABUPATEN SOLOK

MoU BI dan Dinas Pertanian Kabupaten Solok

Sumber Gambar: novi.cam

Tepat diakhir Agustus ini, telah dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama tentang Pengembangan Klaster Ketahanan Pangan Komoditas Bawang Merah antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat, melalui Bapak Bimo Epyanto selaku Kepala Divisi Advisory dan Pengembangan Ekonomi, dengan Dinas Pertanian Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat, melalui Bapak Ir. H. Admaizon selaku Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Solok. Penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut yang mengambil tempat di Aula Kantor Bupati Solok di Arosuka, berlangsung dengan hikmat dan penuh keakraban.
Perjanjian kerjsama tersebut dilakukan dengan merujuk pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2010 tentang Hortikultura dan Peraturan Bank Indonesia Nomor 14/22/PBI/2012 tentang Pemberian Kredit atau Pembiayaan oleh Bank Umum dan Bantuan Teknis dalam rangka Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Serta perjanjian tersebut didasari oleh adanya Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Solok melalui Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat, melalui Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat Bapak Endy Dwi Tjahjono tentang Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Kabupaten Solok yang dilakukan pada waktu yang bersamaan.
Kerjasama program pengembangan klaster ketahanan pangan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya bagi bidang pelaku usaha budidaya komoditas bawang merah, kewirausahaan, ekonomi, lingkungan hidup maupun masyarakat pelaku usaha dan pengguna lainnya serta petugas instansi terkait dan mendorong peningkatan akses kepada sumber-sumber pembiayaan untuk usaha disektor pertanian khususnya komoditas bawang merah.
Ruang lingkup kerjasama ini meliputi peningkatan kapasitas pembangunan sumber daya manusia, pengembangan tata niaga dan sistem perdagangan bagi petani, penguatan kelembagaan dan mendorong akses pembiayaan serta evaluasi dan monitoring. Kerjasama ini berlaku untuk jangka waktu 3 tahun sejak ditandatanganinya.

Penulis: Noviarti, SP (PJ SMIPP Kabupaten Solok/ Kasi Metoda dan Informasi Penyuluhan Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Solok)

Sumber Tulisan: Liputan langsung.

Tanggal Artikel: 14-09-2017

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Rapat Koordinasi Agropolitan Kalimantan Tengah Di Kabupaten Barito Timur Kalteng
  2. Ikuti Livestock Expo 2017, Agam Siap Tampilkan Yang Terbaik
  3. Sosialisasi Antisipasi Karhutla Di Kabupaten Barito Timur Kalteng (lukmanul Chakim)
  4. Reses Anggota Dprd Kabupaten Barito Timur Di Wilayah Kerja Bpp Patangkep Tutui Bartim (lukmanul Chakim)