Gerbang Daerah >> RIAU >> KABUPATEN ROKAN HULU >> BP3K Kepenuhan Hulu

DEM - CARA PEMBUATAN KOMPOS DENGAN TEKNOLOGI EM 4 DI KELOMPOK TANI CAHAYA LESTARI DESA PEKAN TEBUH

Sumber Gambar: Dokumentasi PPL

EM4 merupakan mikro organisme hidup yang menguntungkan bagi proses penyerapan unsur hara dalam tanah, mikro organisme ini terdiri dari bakteri fotosintetik, bakteri asam laktat, ragi aktinomydetes dan jamur peragian. Micro organisme menguntungkan tersebut (EM 4) telah lama ditemukan, diteliti dan diseleksi terus menerus oleh seorang ahli pertanian bernama Profesor Teruo Higa dari Universitas Ryukyu Jepang. Dengan demikian EM4 bukan merupakan bahan kimia yang berbahaya seperti pestisida, obat serangga atau pupuk kimia lainnya. Di kelompok tani Cahaya Lestari Desa Pekan Tebih telah melaksanakan DEM-Cara tentang pembuatan kompos dengan bahan aktif EM4 tersebut.

A. BAHAN - BAHAN
1. Pupuk kandang Sapi sebanyak 15 Kg
2. Dedak sebanyak 5 kg
3. Serbuk gergaji sebanyak 10 kg
4. Gula pasir 100 gram
5. Cairan EM4, diambil sebanyak 5 tutup dari EM4 tersebut
6. Air bersih secukupnya (kurang lebih 3 Liter)

B. CARA PEMBUATAN
• Campurkan dan aduk secara merata bahan yang telah disediakan (Pupuk kandang Sapi, Dedak dan Serbuk Gergaji),kemudian Larutkan EM 4 dan gula ke dalam ember yang telah di isi air dan aduk secara merata.
• Kemudian Siramkan larutan tersebut ke bahan – bahan tersebut lalu aduk lagi secara merata hingga bahan organik lembab ,bila adonan dikepal dengan tangan, air tidak menetes dan bila kepalan dilepas adonan akan mekar/ kadar air ± 30%)
Adonan tadi kita gundukan di atas lantai(kering) atau lapisi dengan terpal kemudian tutup dengan karung goni atau karung beras selama 3-5 hari
• Pada hari kedua dan ketiga kompos biasanya mengeluarkan panas yang cukup tinggi lagi, sehingga setiap harinya harus dibolak balik dan dibiarkan sampai 10 menit samapai panasnya berkurang, kemudian gundukan ditutup kembali sperti semula
• PAda hari ke-4 kompos telah matang, (fermentasi), sehingga panas tidak tinggi lagi. Apabila dibuka nampak ditumbuhi jamur berwarna putih dan bila dipegang terasa hangat. Kompos ini sudah bisa digunakan tetapi belum hancur sehingga bentuk dan ukuran masih seperti bahan baku. Untuk menjadikan kompos halus harus menunngu selama 21 hari, selama proses penghancuran gundukan kompos diaduk setiap satu minggu sekali.
Bila kompos yang sudah jadi akan kita simpan atatu dikemas, sebelum dimasukan ke dalam kantung pelastik/ karung, kompos tadi dikeringkan dulu atau dikeringkan terlebih dahulu tapi bukan di jemur.

Tanggal Artikel: 14-09-2017

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Mou Bi Dan Dinas Pertanian Kabupaten Solok
  2. Rapat Koordinasi Agropolitan Kalimantan Tengah Di Kabupaten Barito Timur Kalteng
  3. Ikuti Livestock Expo 2017, Agam Siap Tampilkan Yang Terbaik
  4. Sosialisasi Antisipasi Karhutla Di Kabupaten Barito Timur Kalteng (lukmanul Chakim)