Gerbang Daerah >> RIAU >> KABUPATEN BENGKALIS >> BP3K Rupat

PETANI DAN PENYULUH BERPRESTASI BENGKALIS 2017

Sumber Gambar: Arsip BPP Rupat

Dinas Pertanian Kabupaten Bengkalis mengadakan penilaian pelaku pertanian berprestasi Tahun 2017. Pelaku pertanian dalam hal ini yaitu Petani Berprestasi, Kelompok Tani, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Teladan. Penilaian komponen pertanian berprestasi ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pada setiap tahunnya, bertujuan memotivasi para penyuluh pertanian, individu petani dan kelompok tani untuk meningkatkan kinerja mereka. Bentuk penghargaan tersebut diharapkan menjadi pelecut semangat dalam upaya meningkatkan produksi pertanian daerah.


Proses penilaian pelaku pertanian berprestasi Tahun 2017 ini dilaksanakan di delapan kecamatan se-Kabupaten Bengkalis. Pulau Rupat sendiri diwakili oleh dua kecamatan yang ada di dalamnya, yaitu Kecamatan Rupat dan Rupat Utara. Seleksi dilaksanakan pada Hari Kamis, 15 juni 2017 bertempat di Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Rupat dan kantor UPTD Pertanian Kecamatan Rupat Utara. Adapun tim penilai dari Kabupaten yang hadir pada saat seleksi di Rupat, berjumlah enam orang yang dibagi menjadi dua tim. Tiga orang di Rupat Utara yaitu Bapak Misdar-Kasi Ketenagaan, Delfit SP-Penyuluh tingkat kabupaten, dan Herizal SP-Staff bidang penyuluhan. Sedangkan tim penilai yang bertugas di Kecamatan Rupat yaitu H. Rifkan Kamal SP MH-Kasi Kelembagaan, H. Jamhur SP-Penyuluh tingkat kabupaten, dan Junaidi-Staff bidang penyuluhan.


Ketua tim penilai kabupaten menyampaikan bahwa penilaian pelaku pertanian berprestasi dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten. Adapun persyaratan yang wajib dilengkapi yaitu: identitas penyuluh, rekomendasi KTNA, data tingkat kepuasan petani, dan rekomendasi atasan langsung. Indikator yang dinilai meliputi : angka kredit/kenaikan pangkat, prestasi kerja, karya khusus di bidang pertanian, programa dan rencana kerja, materi dan metode penyuluhan. Selain itu yang menjadi sorotan dalam penilaian tahun ini adalah pengembangan potensi wilayah kerja, kemampuan mengorganisir secara swadaya, pengembangan profesi, dan pengembangan hubungan kerjasama ekonomi bidang pertanian.


Penilaian kategori penyuluh pertanian teladan Tahun 2017 untuk Kecamatan Rupat, dilakukan terhadap Elwati (Penyuluh Pertanian PNS) dan Imran (Penyuluh Pertanian THL-TBPP Daerah). Penilaian kategori petani berprestasi dilakukan terhadap Bapak Ahmadsyah dari Poktan Karya Maju-Kelurahan Pergam. Seleksi untuk kategori Gapoktan berprestasi diikuti oleh Gapoktan Harapan Bina Utama-Desa Sungai Cingam. Yang terakhir, seleksi berkas untuk kategori kelompok tani (Poktan) berprestasi Kecamatan Rupat, dilakukan terhadap Poktan Simpang Air Putih dari Kelurahan Batupanjang. Bapak Tauhid selaku ketua kelompok hadir langsung untuk proses wawancara.


Di penghujung acara, secara khusus ketua tim penilai mengharapkan adanya peningkatan kinerja penyuluh di lapangan.


"Melalui kegiatan ini, kami harap PPL bekerja lebih giat, baik itu lewat program kerja yang dilaksanakan oleh dinas maupun atas inisiatif sendiri di desa binaan masing-masing. Bergeraklah secara swadaya untuk mendorong kelompok tani dalam menjalankan fungsinya, agar mereka dapat membentuk kelembagaan yang mandiri, mengembangkan usaha tani yang berkelanjutan, serta menghasilkan produk yang berdaya saing tinggi." Pungkasnya.

 

-Imran Cingam

Tanggal Artikel: 19-06-2017

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Bupati Penajam Paser Utara Resmikan Spbu-n Di Desa Api Api
  2. Wakil Bupati Penajam Paser Utara Serahkan Bantuan Mesin Kapal Nelayan
  3. Thl Tbpp Kab. Ppu Di Angkat Menjadi Cpns
  4. Bupati Bogor Apresiasi Peran Penyuluh Pertanian Dalam Membina Kelompok Tani Ternak Sapi Perah Dan Domba Di Kecamatan Cijeruk