Gerbang Daerah >> JAWA BARAT >> KABUPATEN TASIKMALAYA >> BP3K Culamega

Dia yang terlupakan kini banyak permintaan Simanis dan Siputih Yang Laris Manis, Permintaan dibulan Ramadhan Meningkat......

Sumber Gambar:

Desa Cikuya merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Culamega Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Jarak dari ibu kota keamatan 8 km, Jarak dari ibu kota kabupaten 80 km, sedangkan jarak dari ibu kota provinsi 208 km.

Mempunyai potensi yang sangat besar khususnya dibidang perkebunan. Sekitar 250 Ha merupakan perkebunan rakyat yang dikelola oleh masyarakat. Jenis tanaman yang dibudidayakan salah satunya adalah tanaman Aren.

Tanaman ini sangat cocok untuk dibudidayakan didesa cikuya. Dari total luas 250 Ha, aren ditanam sekitar 150 Ha, dengan tanaman menhasilkan sekitar 65 Ha dan sisanya tanaman belum menghasilkan. Tentunya tanaman aren dibudidayakan oleh masyarakat tani untuk dapat menghasilkan produk berupa gula merah dan cangkaleng.

Kedua jenis produk tersebut bagaikan gula dan semut. Seiring dengan perkembangan jaman kedua produk tersebut masih eksis dikalangan masyarakat tentunya apabila dikaitkan dengan bulan Ramadhan.

Seiring dengan datangnya bulan ramadhan mereka para petani aren kebanjiran pesanan gula aren dan cangkaleng baik diaderah maupun luar daerah. Harga yang ditawarkan pun cukup tinggi seitar 17.000 perbungkus untuk gula aren dan 8.000 sd 10.000 per kg untuk cangkaleng.

Salah satu petani, Momon ketua kelompok tani Citra Tani megaku pesanan gula merah dan cangkaleng pun semakin meningkat. Bahkan beliau menjelaskan permintaan selama buan ramadhan sampai tidak tertangani.

Sementara yang bisa dipenuhi pesanannya sekitar 8-10 Kwintal per minggu. Sementara itu petani cangkaleng Oman mengaku setaip minggu pesanan cangkaleng pada hari biasa sekitar 5 Kwintal perminggu, sedangkan selama bulan ramadhan sekitar 1-1,5 Ton minggu dengan harga 8.000-10.000 per kg.
Penulis: Asep Tirtana, SP. (THL TBBPD Prov. Jabar) Kecamatan Culamega. 081 388 130 591.

Tanggal Artikel: 17-06-2017

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Penilaian Lomba Kelompok Tani Ternak Tingkat Provinsi
  2. Import No. Swasembada Yes. Upt Bpp Kecamatan Culamega Siap Mensukseskan Swasembada Jagung
  3. Petani Dan Penyuluh Berprestasi Bengkalis 2017
  4. Bupati Penajam Paser Utara Resmikan Spbu-n Di Desa Api Api