Published on Cyber Extension - Pusluhtan Kementan
(http://cybex.pertanian.go.id)
email sekretariat : cyberextension@gmail.com

Transplanter Padi terus di sosialisasikan di Bultim

Sumber Gambar: Dokumentasi BPP Bulango Timur

Transplanter atau alat tanam padi terus di sosialisasikan penggunaannya oleh Penyuluh Pertanian di wilayah kerja Balai Penyuluhan Pertanian ( BPP) Kecamatan Bulango Timur. "untuk musim tanam saat ini (april-september 2018) luasan lahan yang akan ditanami padi menggunakan transplanter seluas 2 ha". Kata Suwandi Said selaku Koordinator BPP Bulango Timur.

selanjutnya, "hari ini (11/7) kami melakukan demonstrasi cara tentang menanam padi menggunakan transplanter di Desa Bulotalangi Barat"tambahnya.

Dalam operasional transplanter, petani dibimbing langsung oleh penyuluh pertanian dan penyuluh swadaya, mulai dari kegiatan persemaian dalam dapog (bak tray) sampai pada kegiatan penanaman dengan menggunakan transplanter. "Penyuluh pertanian terus melakukan pengawalan semua proses penggunaan alat tanam ini, bagaimana cara menyiapkan bibit padi siap tanam sampai menanampun kami didampingi". kata Nur Alam, petani Desa Bulotalangi yang tergabung dalam kelompok tani Tekad Makmur I.

"meskipun dalam luasan skala kecil, kami akan konsisten untuk mendiseminasikan teknologi dan mekanisasi pertanian berupa alat tanam ini. "tegas Suwandi Said

Selain petani, Regu Tanam pun menjadi sasaran yang diberi informasi tentang transplanter. Regu Tanam adalah sekelompok orang yang bekerja dan melakukan penanaman padi disawah. Dalam diseminasi teknologi transplanter tidak hanya disosialisasikan ke petani pemilik sawah tetapi juga ke regu tanam padi.

"Tidak hanya petani, regu tanampun mutlak mendapatkan informasi tentang transplanter ini. tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan tentang tatacara mengoperasikan transplanter. dengan demikian, nantinya, regu tanamlah yang akan memanfaatkan alat ini untuk selesaikan kontrak tanam padi."Kata Suwandi Said 

 

Penulis:

Sarini Abdullah

Penyuluh Pelaksana Pemula

BPP Kecamatan Bulango Timur

Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo

Tanggal Artikel Diupload : 12-07-2018
Tanggal Cetak : 14-11-2018

Kementerian Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian
Jl. Harsono RM No.3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Telp/Fax. 021-7804386