Published on Cyber Extension - Pusluhtan Kementan
(http://cybex.pertanian.go.id)
email sekretariat : cyberextension@gmail.com

SOSIALISASI PENANGGULANGAN SAMPAH SEKALIGUS PEMBENTUKAN KELOMPOK MASYARAKAT PEDULI SAMPAH DI KELURAHAN SELATPANJANG SELATAN K

Sumber Gambar: DKTTPP Kab. Kep. Meranti

Oleh : Nursita Apriani, SPPPL Kelurahan Selatpanjang Timur Kecamatan Tebing Tinggi

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Kepulauan Meranti mengadakan Kegiatan Sosialisasi Penanggulangan Sampah Sekaligus Pembentukan Kelompok Masyarakat Peduli Sampah yang dilaksanakan di Kelurahan Selatpanjang Selatan Kecamatan Tebing Tinggi. Kegiatan tesebut dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Kepulauan Meranti, Lurah Kelurahan Selatpanjang Selatan, Direktur Bank Sampah Kabupaten Kepulauan Meranti, Relawan Sampah dari dari BAZNAS Kabupaten Kepulauan Meranti, Ketua RT dan RW Kelurahan Selatpanjang Selatan, Tokoh Masyarakat, Ketua dan Anggota PKK Kelurahan Selatpanjang Selatan dan PPL Kecamatan Tebing Tinggi.
Sampah yang dihasilkan di Kelurahan Selatpanjang Selatan sebanyak 2,5 s/d 4 ton/hari dan Sampah yang dihasilkan di Kecamatan Tebing Tinggi sebanyak 40 ton/hari. Dengan semakin banyaknya sampah yang ada tersebut maka Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kelurahan Selatpanjang Selatan membentuk kelompok masyarakat peduli sampah yang akan membantu untuk memanfaatkan limbah sampah yang masih berguna sehingga dapat mengurangi penumpukan sampah yang ada. Dari kelompok masyarakat peduli sampah tersebut nantinya akan dibuat bank sampah. Dengan adanya bank sampah dapat mengurangi penumpukan sampah yang ada di masyarakat. Pada kegiatan tersebut diadakan diskusi dengan peserta yang hadir mengenai kendala awal dalam pembentukan kelompok masyarakat peduli sampah antara lain : tempat penampungan sampah, kurangnya fasilitas untuk membuang sampah, kendaraan pengangkut sampah dan pemilahan sampah. Dari kegiatan diskusi tersebut dihasilkan keputusan bersama bahwa pilot project kelompok masyarakat peduli sampah di Ikatan Pemuda Cempaka (IPC) yang bertempat di Jalan Cempaka Kelurahan Selatpanjang Selatan Kecamatan Tebing Tinggi. Apabila Project berhasil nantinya akan dibentuk kelompok masyarakat peduli sampah ditiap RT/RW.

 

Tanggal Artikel Diupload : 08-06-2018
Tanggal Cetak : 16-08-2018

Kementerian Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian
Jl. Harsono RM No.3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Telp/Fax. 021-7804386