Published on Cyber Extension - Pusluhtan Kementan
(http://cybex.pertanian.go.id)
email sekretariat : cyberextension@gmail.com

PRODUKSI TELUR BEBEK ORGANIK DI POKTAN BINA TERPADU WKPP KAMBITIN PATANGKEP TUTUI BARTIM (LUKMANUL CHAKIM)

Sumber Gambar: KEGIATAN ANJANGSANA DI WKPP KAMBITIN PATANGKEP TUTUI BARTIM KALTENG

Beberapa waktunyang lalu (22-11-2017) pada saat BPP PATANGKEP TUTUI BARTIM KALTENG melaksanakan pertemuan rutin 2 mingguan, sempat mengundang ketua KTNA kabupaten barito timur, Nama beliau adalah bapak Surojo, di forum pertemuan tersebut pak surojo memperkenalkan komoditi andalan beliau yakni Bebek organik, dan pada kesempatan itu pula pengurus dan anggota KTNA Kecamatan Patangkep Tutui sangat antusias dan banyak sekali yang dipertanyakan kepada Bapak surojo selaku Ketua KTnA dan pengelola ternak itik organik yang menghasilkan telur organik.

Bebek atau itik adalah hewan penurut (telah mengalami domestikasi), Bebek mudah di ternakkan dan dipelihara. Banyak sekali sumber daya yang bisa kita ambil dari bebek ini, ada telurnya, dagingnya bahkan kotorannya bisa di jadikan pupuk. Penggemar daging dan telur bebek sekarang semakin banyak, karena rasa dari dagingnya yang sangat lezat. Telurnya pun bisa dibikin telur asin yang tak kalah lezat dengan dagingnya. Kebutuhan akan ketersediaan daging dan telur bebek ini sangatlah tinggi, nah inilah kesempatan Anda karena bisnis ini masih sangat potensial untuk dijalankan.

Umumnya usaha peternakan bebek ditujukan untuk bebek petelur. Namun peluang bebek pedaging juga bisa diambil dari bebek jantan atau bebek betina yang sudah lewat masa produksinya. Selain itu bisa juga pebisnis mengambil bagian pembibitan ternak bebek sebagai fokus usaha.

Namun sebelum seorang peternak memulai usahanya, harus menyiapkan diri dengan pemahaman tentang perkandangan, bibit unggul, pakan ternak, pengelolaan dan pemasaran hasil. Misalnya bagaimana pemeliharaan anak bebek (5-8 minggu), pemeliharaan bebek Dara (umur 8-20 minggu ke atas) dan pemeliharaan bebek petelur (umur 20 minggu ke atas).

Masa produksi telur yang ideal adalah selama 1 tahun. Produksi telur rata-rata bebek lokal berkisar antara 200-300 butir per tahun dengan berat rata-rata 70 gram. Bahkan, bebek alabio memiliki produktivitas tinggi di atas 250 butir per tahun dengan masa produksi telur hingga 68 minggu.

Itik2

Pemeliharaannya tidak membutuhkan waktu yang lama, dimana hasil sudah bisa dipetik dalam waktu 2-3 bulan. Hal tersebut disebabkan karena pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya relatif lebih baik daripada bebek betina. Berat badan sampai saat dipotong tidak kurang dari 1,5 kg. Dengan memanfaatkan bebek jantan, dalam waktu yang relatif singkat sudah dapat dicapai berat yang lebih dibutuhkan. Pemotongan pada umur yang relatif muda, menghasilkan daging yang lebih empuk, lebih gurih dan nilai gizinya lebih tinggi.

Hal yang terpenting dalam budidaya itik pedaging atau petelur adalah pemberian suplemen enzim. Pemberian enzim menjadi penting karena dapat meningkatkan produktivitas daging dan telur itik. Enzim sebenarnya diproduksi di dalam tubuh hewan ternak untuk menjalankan proses metabolisme dalam saluran cerna. Namun jumlah dan jenis enzim dalam tubuh ternak, relatif sedikit dan kurang efektif membantu proses pencernaan alias sangat standar. Untuk menghasilkan produk yang lebih baik, suplementasi enzim dari luar menjadi penting dilakukan.

Enzim ternak Itik diberikan secara rutin setiap hari, pagi dan sore hari akan mampu meningkatkan nafsu makan bebek atau itik, mengurangi kematian bebek dan itik, dan mengefisiensikan penyerapan pakan menjadi daging dan telur. Berdasarkan pengalaman penerapan enzim ternak di peternakan bebek atau itik di beberapa wilayah di Indonesia, produktivitas meningkat minimal 35% pada setiap musim pemeliharaan (LUKMANUL CHAKIM / PP. MUDA BARTIM KALTENG/ lukman23son@gmail.com)

DAFTAR PUSTAKA

Agromedia Pustaka, 2010. Jakarta

Naturabioriset.com

Tanggal Artikel Diupload : 12-01-2018
Tanggal Cetak : 20-04-2018

Kementerian Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian
Jl. Harsono RM No.3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Telp/Fax. 021-7804386