Published on Cyber Extension - Pusluhtan Kementan
(http://cybex.pertanian.go.id)
email sekretariat : cyberextension@gmail.com

TERNYATA INI KEGUNAAN KARTU TANI

Sumber Gambar: Dokumentasi BPP Batuputih

Oleh : Bambang Sugiarto, Penyuluh Pertanian BPP Batuputih Kab. Sumenep

Pembagian Kartu Tani ditargetkan hingga akhir tahun kepada 8,8 juta petani yang tersebar di seluruh Indonesia. Kartu Tani sendiri berguna untuk memudahkan para petani mendapatkan subdisi pupuk yang telah diverifikasi. Bahkan, pemerintah menilai kartu tersebut dinilai cukup efektif untuk memudahkan petani Indonesia.
Kartu Tani merupakan alat transaksi berupa kartu debit yang dapat digunakan oleh para petani untuk membeli pupuk bersubsidi.
Dengan data yang lengkap, petani sebagai pemegang kartu tersebut akan lebih mudah mendapatkan pupuk subsidi. Selain itu, kartu tersebut bisa berfungsi sebagai kartu penjualan hasil panen.
Manfaat Kartu Tani tak hanya sebatas itu. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan bahwa bank-bank BUMN akan menggunakan Kartu Tani sebagai data penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).
"Nantinya perbankan BUMN juga akan memverifikasi petani pemegang Kartu Tani agar bisa mendapat KUR," ucap Menteri Rini.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution turut buka suara dan mengatakan pemerintah akan menyiapkan payung hukum perluasan Kartu Tani. Rencananya payung hukum itu akan berupa Instruksi Presiden (Inpres).

Tanggal Artikel Diupload : 12-01-2018
Tanggal Cetak : 22-04-2018

Kementerian Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian
Jl. Harsono RM No.3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Telp/Fax. 021-7804386