Published on Cyber Extension - Pusluhtan Kementan
(http://cybex.pertanian.go.id)
email sekretariat : cyberextension@gmail.com

LOMBA MASAK SERBA IKAN TINGKAT KOTA PADANG PANJANG TAHUN 2017

Sumber Gambar: Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang

Dalam rangka mendukung terwujudnya Ketahanan Pangan Nasional sekaligus mendorong percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang terutama Bidang Perikanan dan Pelaksana Penyuluhan menginisiasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Salah satu kegiatan yang diadakan untuk mendorong kreatifitas dalam menciptakan menu baru dan menggali potensi khas Kota Padang Panjang yaitu Lomba Memasak Serba Ikan Tingkat Kota Padang Panjang.
Lomba memasak serba ikan tahun ini dilaksanakan pada Hari Sabtu Tanggal 9 September 2017 di Aula UPTD. Balai Benih Ikan (BBI) Gajah Tanang Kota Padang Panjang. Lomba ini diikuti oleh 17 peserta yang berasal dari utusan TP-PKK kelurahan 15 peserta dan 2 dari utusan TP-PKK Kecamatan dengan mengangkat tema perlombaan "LOMBA MEMASAK SERBA IKAN UNTUK MENDUKUNG PENINGKATAN KUALITAS HIDUP MASYARAKAT".
Adapun tujuan dari lomba memasak ikan kali ini adalah :
1. Meningkatkan keterampilan dan kreatifitas peserta dalam mengolah masakan yang berbahan baku ikan.
2. Menyebarluaskan informasi tentang ikan, olahan berbahan baku ikan, kandungan gizi dan manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan kehalalan bahan yang dapat digunakan sebagai bahan tambahan pada pembuatan olahan ikan.
Bertindak sebagai Tim Juri dalam perlombaan ini adalah Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang dan TP-PKK Kota Padang Panjang.
Dari perlombaan ini keluar sebagai pemenang I adalah TP-PKK Kecamatan Padang Panjang Timur, Juara II TP- PKK Kelurahan Koto Panjang dan Juara III TP-PKK Kelurahan Ganting.
Melalui penyelenggaraan lomba memasak serba ikan ini diharapkan mampu mendorong dan merangsang minat masyarakat untuk terus berkreasi menciptakan menu baru yang berbahan baku ikan sehingga minat mengkonsumsi ikan semakin meningkat. Disamping itu perlombaan ini juga menjadi sarana meyakinkan masyarakat bahwa mengkonsumsi ikan dapat dilakukan melalui beberapa cara pengolahan dan memiliki rasa sesuai dengan yang diinginkan.


Created By Rismayezi, SP
Gusti Ayu Wulandari, S.Pi

 

Tanggal Artikel Diupload : 11-09-2017
Tanggal Cetak : 18-11-2017

Kementerian Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian
Jl. Harsono RM No.3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Telp/Fax. 021-7804386