Published on Cyber Extension - Pusluhtan Kementan
(http://cybex.pertanian.go.id)
email sekretariat : cyberextension@gmail.com

KALIMANTAN SELATAN > KABUPATEN TABALONG > BANUA LAWAS

Dinamika Kelompok

Sumber Gambar: Dok Pribadi

Pendahuluan

Dinamika merupakan  tingkah laku anggota  satu dengan lainnya langsung saling mempengaruhi  secara timbal balik. Atau proses berlangsungnya interaksi dan interdependensi antara anggota kelompok yang satu dengan  yang lain , anggota dengan anggota keseluruhan. Keadaan ini akan terjadi selama semangat kelompok (Group spirit) terus menerus berada dalam kelompok itu. Kelompok tersebut selalu bersifat dinamis dimana setiap saat kelompok yang bersangkutan dapat berubah. 

Kelompok merupakan suatu kesatuan sosial yang terdiri atas dua atau lebih orang-orang yang mengadakan interaksi secara intensif dan teratur, sehingga diantara mereka terdapat pembagian tugas, struktur, dan norma-norma tertentu yang khas bagi kesatuan tersebut.

 Pengertian Dinamika Kelompok

Istilah dinamika kelompok tani berasal dari bahasa inggris “dynamics” yang berarti mempunyai gairah atau semangat untuk bekerja.

Sisi lain dinamika berarti adanya intraksi, saling mempengaruhidan ketergantungan antara anggota kelompok satu sama lain secara timbal balik diantara Anggota kelompok dengan kelompok secara  keseluruhan.

Dinamika kelompok adalah suatu kelompok yang teratur dari dua individu atau lebih yang mempunyai hubungan psikologis secara jelas antara anggota yang satu dengan yang lain. Dinamika kelompok menguraikan kekuatan-kekuatan yang terdapat dalam situasi kelompok yang menentukan perilaku kelompok dan anggotanya.

Pengertian dinamika kelompok merupakan suatu metode dan proses yang bertujuan meningkatkan nilai kerjasama kelompok ini berusaha menumbuhkan dan membangun kelompok yang semula terdiri dari kumpulan individu yang belum saling mengenal satu sama lain menjadi satu kesatuan kelompok dengan

Tujuan dinamika kelompok :

  1. meningkatkan proses interaksi antara anggota kelompok
  2. meningkatkan produktivitas angota kelompok
  3. mengembangkan kelompok ke arah yang lebih baik, lebih maju
  4. meningkatkan kesejahteraan hidup anggotanya

Unsur-unsur dinamika kelompok tersebut adalah:

Manfaat dinamika kelompok antara lain :

  1. Membentuk kerjasama saling menguntungkan dalam mengatasi persoalan hidup (Bagaimanapun manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain )
  2. Memudahkan segala pekerjaan

( Banyak pekerjaan yang tidak dapat dilaksanakan tanpa bantuan orang lain)

  1. Mengatasi pekerjaan yang membutuhkan pemecahan masalah dan mengurangi beban pekerjaan yang terlalu besar sehingga selesai lebih cepat, efektif dan efisien (pekerjaan besar dibagi- bagi sesuai bagian kelompoknya masing-masing/ sesuai keahlian)
  2. Menciptakan iklim demokratis dalam kehidupan masyarakat (setiap individu bisa memberkan masukan, berintraksi dan peran yang sama dalam masyarakat)

 Sumber :

 

Penulis : Yuli Permana, SP - Penyuluh BPP Banua Lawas

Editor : Ermayasari,SP - Admin Cyber Extention

Tanggal Artikel Diupload : Kamis, 02 Des 2021
Tanggal Cetak : Minggu, 29 Mei 2022

Kementerian Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian
Jl. Harsono RM No.3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Telp/Fax. 021-7804386