Published on Cyber Extension - Pusluhtan Kementan
(http://cybex.pertanian.go.id)
email sekretariat : cyberextension@gmail.com

RIAU > KABUPATEN ROKAN HILIR > RIMBA MELINTANG

Perluasan Area Tambah Tanam Baru BPP Rimba Melintang Untuk Lahan Pangan Berkelanjutan

Sumber Gambar: Tomiri

Rimba Melintang, 08 September 2021. Kondisi Lahan Pertanian sejatinya semakin sedikit, atau berkurang akibat proses panjang kehidupan manusia, mulai mengubah lahan produktif menjadi pemukiman, Membangun Pabrik, juga mengalih Fungsikan kesektor Pertanian Keras, sehingga sawah semakin mengecil, ancamanya Produksi Pangan pastilah menurun dari segi stok pangan pasti berkurang.

diwilayah kerja BPP Rimba Melintang, Khususnya didaerah Pesisir Rokan, diantaranya Kepenghuluan Lenggadai Hulu, Kepenghuluan Jumrah, Kepenghuluan Mukti Jaya dan Seremban Jaya kini Petani mulai mengubah Lahan Perkebunan Menjadi Lahan Produksi Padi, sesuai potensi lahan di daerah aliran sungai Rokan ini cocok untuk persawahan,

Koordinator BPP Rimba Melintang Purwadi. SP, memberikan apresiasi ke petani yang sudah bergiat mengolah lahan perkebuan sawit menjadi lahan pangan, tentunya ini dasarnya adalah mengembalikan potensi lahan yang ada, sebab, kalau untuk perkebunan sawit juga tidak cocok, selain lahan yang sering digenangi air, lahan ini juga terlalu forous, jika ditanami sawit berpotensi akan terjadinya Tumbang dan Runtuh, maka setiap petani daerah pesisir sebaiknya menanam sesuai komoditi potensial.

saat ini Produksi padi yang sudah panen mencapai 6,6 Ton/Ha, artinya prospek tanaman pangan sangat cocok di kembangkan, baru pertama kali tanam saja sudah berproduksi optimal, apalagi nanti menerapkan teknologi yang lebih cocok tentunya produksi bisa ditingkatkan, saat ini tercatat 12 Hektar luasan lahan sawah baru di Kepenghuluan Seremban Jaya, 34 Hektar di Kepenghuluan Jumrah, 46 Hektar di Kepenghuluan Lenggadai Hulu, 250 Hektar di Mukti Jaya. angka sementara ini akan berpotensi menambah, terlihat dari aktifitas petani yang sudah mulai menumbangkanb Komoditi sawit menjadi lahan persawahan.

Penyuluh Pertanian Lapangan Lenggadai Hulu, Tomiri. petani yang mengolah sawah ini belum tergabung dalam kelompok tani, makanya kami membentuk kelompok tani di lahan tersebut, dan akan mendaftarkan ke simluhtan agar petani baru dibentuk ini bisa mendapatkan manfaat pembinaan dan subsidi pupuk untuk kelancaran usaha tani mereka, tutup tomiri.

 

Tanggal Artikel Diupload : Kamis, 09 Sep 2021
Tanggal Cetak : Senin, 06 Des 2021

Kementerian Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian
Jl. Harsono RM No.3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Telp/Fax. 021-7804386