Published on Cyber Extension - Pusluhtan Kementan
(http://cybex.pertanian.go.id)
email sekretariat : cyberextension@gmail.com

> >

Rayakan Idul Adha 1442 H dan HUT Kota Depok ke 22, KTNA Bojongsari Serahkan Bantuan Sosial Daging Qurban serta Paket Sembako

Sumber Gambar: KTNA Kecamatan Bojongsari

Depok – Mewabahnya Corona Virus Disease (Covid-19) berdampak nyata di semua elemen masyarakat, berbagai kegiatan sosial pun digelar, semuanya dilakukan dengan misi kemanusian yakni berbagi dan peduli dengan sesama untuk saling menjaga di tengah pandemi Covid-19.

Sesuai arahan Wali Kota Depok Mohammad Idris yang mengajak masyarakat untuk tetap optimistis dan bangkit serta saling menguatkan dan membantu dalam kebersamaan menghadapi Covid-19.

"Jangan pernah mengatakan lesu, jenuh dan pesimis dalam menghadapi Covid-19. Mari saling semangat, membantu dalam kebersamaan, gotong royong, kita hadirkan kontribusi inovatif yang terbaik dari kita semua," kata Mohammad Idris seperti dilansir situs resmi Pemkot Depok.

Hal ini pula yang dilaksanakan oleh Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Bojongsari bersama Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Sanderiana Orchid.

Dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah dan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Depok ke-22 melaksanakan kegiatan bantuan sosial berupa penyerahan daging hewan qurban dan paket sembako untuk penanganan Covid-19.

Ketua KTNA Kecamatan Bojongsari, Zaelani yang hadir langsung dalam kegiatan tersebut mengatakan penyembelihan hewan qurban ini selain sebagai ibadah yang dianjurkan dalam Islam, juga dalam mewujudkan komitmen kami sebagai organisasi profesi petani yang peduli terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.

“Kami berupaya untuk memberi kemanfaatan lebih diantaranya dengan menyerahkan daging hewan qurban dan paket sembako kepada masyarakat yang berhak dan membutuhkan,” ungkapnya (Rabu, 21 Juli 2021).

Pengadaan hewan qurban serta paket sembako berupa beras, gula dan telur tersebut dilaksanakan secara swadaya melalui kerjasama antara KTNA Kecamatan Bojongsari dengan P4S Sanderiana Orchid.

Kendati dalam masa sulit akibat dampak pandemi Covid-19 ini, namun tidak menyurutkan semangat kami untuk berqurban.

"Selain melatih nilai keikhlasan, kegiatan ini juga merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan nilai ketakwaan kepada Allah SWT, termasuk mengajak anggota untuk bisa ikhlas berbagi dengan sesama, serta semoga bantuan yang berasal dari sumbangsih kami ini menjadi berkah, bermanfaat bagi semua pihak, dan berkesinambungan,” harap Zaelani.

Sementara itu, Ketua P4S Sanderiana Orchid, Yanti Safitri mengatakan dalam pelaksanaan pemotongan dan pembagian daging qurban tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimasa pandemi Covid-19 ini protokol kesehatan jadi hal utama yang diterapkan.

Untuk itu seluruh panitia qurban sebelum melaksanakan kegiatan diberikan arahan untuk menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan juga mencuci tangan sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan.

"Pendistribusiannya dilaksanakan dengan cara diantarkan langsung kepada masyarakat yang berhak menerima, hal ini dilakukan sesuai dengan himbauan pemerintah guna menghindari kerumunan sebagai bentuk pencegahan Covid-19," ucapnya.

Yanti menambahkan, adanya kepedulian bersama menjadi sangat penting dimana masyarakat harus saling membantu dan saling mengingatkan, diharapkan masyarakat yang mampu dapat berkiprah nyata dalam membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, tutupnya.

Tanggal Artikel Diupload : Rabu, 21 Jul 2021
Tanggal Cetak : Kamis, 23 Sep 2021

Kementerian Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian
Jl. Harsono RM No.3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Telp/Fax. 021-7804386