Published on Cyber Extension - Pusluhtan Kementan
(http://cybex.pertanian.go.id)
email sekretariat : cyberextension@gmail.com

Pemanfaatan Lahan Pekaragan Rumah Menggunakan Media Polybag

Sumber Gambar: https://www.google.com/search?q=krpl+lahan+sempit&safe=strict&client=firefox-b-d&sxsrf

Dalam upaya pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi rumah tangga serta mencegah terjadinya krisis pangan  dimasa pandemi Covid 19, kita dapat melaksanakan upaya pemenuhan gizi tersebut dengan melakukan kegiatan Budidaya tanaman tanpa harus memiliki lahan yang luas, bisa dengan memanfaatkan lahan pakarangan rumah yang sempit dan terbatas denga menggunakan media  polybag dan pot atau sejenisnya sebagai sumber pangan yang higenis, sehat dan tanpa mengurangi nilai estetika pekarangan tersebut. Banyak Jenis tanaman yang bisa kita kembangkan salah satunya tanaman bayam.

Tanaman bayam merupakan tanaman yang konsuntif yang memiliki banyak manfaat dan kandungan  gizi yang tinggi baik untuk kesehatan tubuh, sebagai sumbar vitamin K dan mineral yang dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi, mencagah kanker, menjaga kestabilan tekanan darah, mamperkuat otot, meningkatkan daya tahan tubuh untuk menyembuhkan luka dan mendorong semua organ dapat  berfungsi  pada tingkat optimalnya, selain  itu bayam juga bermanfaat bagi kesehatan mata malalui kandungannya seperti  zeaxanthin dan lutein sebagai pemberi warna pada sayuran. Beberapa hasil penelitian telah menemukan bahwa zeaxanthin dan lutein bekerja untuk mencegah degenerasi macula dan katarak, yang merupakan penyebab utama terjadinya kebutaan dan  dapat membantu mengatasi kerusakan pada mata.

Tanaman ini sangat mudah dibudidayakan, beberapa jenis varietas bayam cabut yang bisa kita kembangkan yakni bayam giti hijau dan bayam giti merah. Potensi hasil produksi daun kotor 5,6 ton per hektar, daun bersih (rendeman) 30% umur panen 28 hari dengan tinggi tanaman berkisar 20 - 25 cm. Secara komersial tanaman bayam mempunyai nilai ekonomis yang potensial dan menguntungkan

Cara Tanam 

Persiapan Media Tanam

Penanaman

Pemeliharaan

Panen

Penulis :Marwayanti Nas.SST  ( Penyuluh Pertanian BPTP Balitbangtan Sulawesi Barat)

Sumber: Sumber beberapa bahan bacaan

Tanggal Artikel Diupload : Minggu, 31 Mei 2020
Tanggal Cetak : Rabu, 28 Okt 2020

Kementerian Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian
Jl. Harsono RM No.3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Telp/Fax. 021-7804386