Published on Cyber Extension - Pusluhtan Kementan
(http://cybex.pertanian.go.id)
email sekretariat : cyberextension@gmail.com

JAWA TIMUR > >

Cara Menanam Bunga Telang Yang Benar Agar Berbunga Sepanjang Tahun

Sumber Gambar: https://bibitbunga.com/

Ciri khas bunga telang ini adalah biru terang. Oleh sebab itu orang juga memberinya nama lain dengan sebutan si ‘bunga biru.’ Bentuknya unik, mirip alat kelamin perempuan. Nama ilmiahnya clitoria ternatea L. Disebut juga bunga teleng, bunga telang atau bunga talang/bisi.

Bunga tersebut dianggap berasal dari Indonesia asli dan Malaysia. Meski beberapa berpendapat bila sebelumnya bunga ini telah ada di wilayah Amerika, Afrika dan Australia. Di negeri jiran populer dimanfaatkan sebagai pewarna makanan pada nasi kerabu. Jika di tanah air ini mirip nasi uduk. Di Thailand, biasa digunakan untuk bahan campuran minuman. Lalu adapula kue manis terbuat dari ketan yang diwarnai dengan bunga ini.

Tanaman ini bisa ditemukan di pekarangan rumah. Iklim tropis adalah suhu favorit mereka tumbuh baik. Banyak mengandung zat : Fenol, delphirridin, triglucoside, alkaloid, flavonoid, saponin, sulfur dan ca-oksalat.

Dan ternyata tak hanya bermanfaat di bidang kuliner saja, akan tetapi bagi kesehatan pula bermanfaat. Antara lain sebagai :

Tumbuhan tersebut paling sering bisa dijumpai di daerah-daerah sekitar pematang sawah atau kebun. Tumbuh subur pada tanah lembap dan netral. Banyak pula dimanfaatkan sebagai tanaman pagar. Cara tumbuhnya dengan merambat. Sangat cantik dan indah bila digunakan sebagai tanaman hias.

 

Cara Menanam Bunga Telang

  1. Pembibitan

Siapkan media tanam. Bisa diletakkan ke dalam pot-pot kecil. Beri pupuk organik secukupnya dan media yang hendak dipakai. Dengan perbandingan antara tanah, kompos dan pasir : 2:1:1 Kemudian basahi dan segera taburkan biji-biji bunga telang tersebut, yang sebelumnya telah direndam terlebih dahulu selama kurang lebih 12 jam di dalam air bersih. Selanjutnya tunggu selama 1-2 minggu sampai muncul kecambah. Biarkan selama 5 minggu, baru dipindahkan ke media tanam yang sesungguhnya. Bisa dimasukkan ke dalam pot besar atau ditanam di halaman rumah sebagai tanaman hias.

  1. Perawatan

Tanaman ini banyak mengandung zat nitrogen. Karenanya, meski merambat ia akan membuat subur tumbuhan yang ada di sekitarnya. Bunga asoka menjadi pilihan terbaik untuk ditanam di sekitar bunga itu. Bunga taleng tidak memerlukan perawatan khusus. Sehingga tak perlu cemas kehilangan unsur hara. Melalui perawatan rutin, bunga taleng akan mempercantik tampilan rumah. Menjadi lebih asri dan teduh.

 

Demikian cara menanam bunga taleng yang benar. Semoga bermanfaat dan selamat berbudidaya.

 

Oleh : Sugiarti, S.P.

BPP Kecamatan Candi

Dinas Pangan dan Pertanian Kab. Sidoarjo

 

Sumber Materi : https://agromedia.id/bunga-telang/ diakses 13 November 2019 Pukul 13:35

Tanggal Artikel Diupload : Rabu, 13 Nov 2019
Tanggal Cetak : Senin, 06 Des 2021

Kementerian Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian
Jl. Harsono RM No.3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Telp/Fax. 021-7804386